Cara Disapur Dorong Minat Baca Masyarakat di Maluku Utara

Redaksi author photo

Muliadi Tutupoho saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Festival Literasi Maluku Utara tahun 2022.

SOFIFI, BRN
- Festival Literasi Maluku Utara tahun 2022 dilakasanakan mulai 3-5 Oktober 2022. Ini merupakan kegiatan perdana semenjak berdirinya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku Utara pada 2005. 

Terlaksananya festival literasi sesuai kondisi riil literasi dan budaya baca di Provinsi Maluku Utara. Mengacu data IPLM, Provinsi Maluku Utara menempati peringkat 17 dari 34 provinsi dengan nilai indeks 14,27 persen.

Maluku Utara berada diposisi di atas rata-rata secara peringkat nasional dengan nilai indeks 13,54 persen. Namun apabila diurai per item kategori, Maluku Utara masih banyak kekurangan dibanding provinsi lain.

Penjelasan tersebut mengawali sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maluku Utara saak memberikan sambutan dalam acara pembukan Festival Literasi di Aula Nuku Kantor Gubernur Maluku Utara di Sofifi, Senin 3 September.

“Kegiatan Festival Literasi ini adalah ajang atau momen untuk mendorong peningkatan literasi dan budaya baca secara signifikan,” katanya.

Muliadi mengatakan minat membaca di Maluku Utara mesti terus ditingkatkan. Tumbuhnya minat baca selain berdampak baik pengetahuan, juga dapat menggali ilmu dan meningkatkan kemampuan literasinya.

“Kami berharap agar Festival Literasi hari ini akan menjadi titik awal  agenda tahunan ke depan  di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara,” ucapnya.

Muliadi menambahkan, kegiatan literasi serupa dilakukan di Kota Ternate, Tidore dan Halmahera Utara. diantaranya lomba literasi sekolah, mahasiswa dan workshop bagi kepala desa serta mahasiswa. Juga camping literasi sebagai upaya mendorong peningkatan literasi dan budaya baca lintas sektor.

“Saat kita sedang menyelesaikan tahapan implementasi dari PKN II,” katanya. (red/adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini