Bawaslu Halmahera Timur Temukan 12 TMS Pendaftar Panwas

Redaksi author photo

Suratman Kadir.

HALTIM, BRN
- Bawaslu Kabupaten Halmahera Timur berencana mengumumkan hasil penilitian berkas pendaftaran calon pengawas pemilu kecamatan.

Ketua Bawaslu Halmahera Timur Suratman Kadir mengatakan pengumuman akan dilakukan 12 Oktober 2022, Rabu besok. Pengumuman dilakukan setelah masa rekrutmen berakhir pada 8 Oktober.

“Tim pokja pun telah memvalidasi semua hasil penilitian berkas para pendaftar. Pengumuman hasil penilitian berkas administrasi peserta tes Panwascam dijadwalkan besok,” katanya, Selasa, 11 Oktober 2022.

Suratman menyebutkan selama masa validasi, kelompok kerja (pokja) menemukan beberapa berkas peserta yang tidak memenuhi syarat atau TMS dari total 164 pendaftar.

“Masing-masing tujuh peserta yang belum cukup umur dan lima peserta lainya tidak memenuhi syarat administrasi. Karena berdasarkan petunjuk teknis Bawaslu RI harus berusia 25 tahun terhitung mulai pada tanggal pelantikan, jika belum cukup maka itu masuk TMS,” sebutnya.

“Dalam juknis dimintai surat keterangan dokter yang dikeluarkan oleh pihak Puskesmas atau dokter pemerintah setempat. Kalau peserta membuat SKD dari dokter swasta atau klinik maka tidak memenuhi syarat,” sambungnya.

Menurut Suratman, berdasarkan hasil penelusuran tim pokja, ditemukan ada beberap peserta yang nama mereka tercantum dalam sistem informasi partai politik atau sipol. Tetapi hal tersebut tidak dapat mengugurkan disaat penilitan berkas. Hal ini akan menjadi suatu stressing di pokja saat penetapan Panwascam terpilih. (mal/brn)

Share:
Komentar

Berita Terkini