Seleksi Panwascam, Asman: Dibolehkan Mendaftar di Kecamatan Lain

Redaksi author photo
Ketua Bawaslu Kabupaten Halsel, Asman Jamel

LABUHA, BRN - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Hamlahera Selatan telah merilis jadwal dan tahapan seleksi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam). 

Mulai Kamis (15/9) secara serentak di seluruh Indonesia mengumumkan penerimaan dan persyaratan pendaftaran yang dimulai pada 21-27 September. 

“Untuk rekrutmen kali ini berbeda dengan sebelumnya, dimana calon peserta bisa mendaftarkan diri ke kecamatan lain di luar wilayah domisilinya. Asalkan masih berdomisili dalam wilayah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), bisa mendaftar ke kecamatan lain sebagai wilayah kerjanya,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Halsel, Asman Jamel, Kamis (15/09/2022).

Hal itu, katanya, didasarkan pada pedoman pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kecamatan yang diterbitkan Bawaslu RI. “Jadi misalnya berdomisili di wilayah Kecamatan Bacan, tapi mendaftar untuk wilayah Kecamatan di luar Bacan, bisa. Tetapi, satu calon peserta hanya bisa mendaftar di satu kecamatan saja yang dicantumkan pada surat lamaran yang ditujukan ke Pokja (Pembentukan Panwaslu Kecamatan),”tutur Asman yang juga Koordinator Divisi SDM Bawaslu Halsel. 

Selain itu, dalam proses seleksi apabila di suatu kecamatan pendaftarnya lebih enam orang, maka akan disaring melalui tes tertulis secara online. “Jadi nantinya hanya enam yang akan lolos atau mengikuti tahap seleksi wawancara,” pungkasnya.(Bws/mbg)


Share:
Komentar

Berita Terkini