Renovasi Pelabuhan Feri Subaim Ditargetkan Selesai Desember 2022

Redaksi author photo

Dwi Cahyono.

HALTIM, BRN
- Dinas Perhubungan Halmahera Timur mengalokasikan lebih dari Rp22 miliar untuk enam item pekerjaan renovasi total Pelabuhan Feri Subaim, Kecamatan Wasile.

Enam kegiatan perbaikan diantaranya vinder (perlengkapan termasuk lampu penerangan), tresle (pelebaran jalur koridor dan lainya), kaswe (beton cor pembatas laut dan daratan), ruang tunggu dan pagar beton gedung.

Kepala Dinas Perhunungan Halmahera Timur Dwi Cahyono mengatakan, anggaran enam item renovasi total Dermaga Feri Subaim bersumber DAK Kementerian Perhubungan RI.

“Progres pekerjaan rata-rata sudah mencapai 70 sampai 90 persen. Ditarget Desember harus tuntas sesuai masa kontrak. Tapi kami optimis sebelum tenggat waktu dipastikan sudah bisa selesai,” kata Dwi, begitu disembangi brindonews di kantornya, Kamis, 29 September.

Dwi menyebut, renovasi total yang dilakukan itu termasuk penyediaan air bersih. Ini bertujuan agar memberikan pelayanan di Dermaga Feri Subaim yang lebih maksimal dan efektif kepada masyarakat.

“Selama ini yang dikeluhkan oleh masyarakat terkait air kami sudah siapkan. Ke depanya pelayanan di jalur penyebrangan Pelabuhan Feri Subaim lebih maksimal,” ucapnya.

Dwi menambahkan, selama pekerjaan, penyebrangan Feri dari Subaim ke Gorua, Kecamatan Tobelo Utara, Halmahera Utara disetop sementara waktu. Pelayanan kembali normal apabila pekerjaan sudah selesai. 

“Operasi Feri Ngafi rute Subaim ke Tobelo sebelumnya kita setopkan sampai 1 Oktober 2022. Akan tetapi kondisi rehabilitasi dermaga yang belum rampung izin operasi Kapal Feri Ngafi diperpanjang sampai 1 November 2022. Pelayanan diberhentikan sementara ini supaya tidak menganggu proses pekerjaan renovasi dermaga yang sementara dalam tahap pekerjaan. Muda-mudahan November sudah bisa diaktifkan Kembali karena ini terkait pelayanan,” capnya. (mal/brn)

Share:
Komentar

Berita Terkini