Dosen Bergelar Doktor Ini Sebut Mahasiswa Seperti “Babi Hutan”

Redaksi author photo

Tangkapan layar percakapan WhatsApp yang beredar.

TERNATE, BRN - Nama WU, seorang dosen sekaligus penasehat akademik di salah satu program studi di kampus ternama di Maluku Utara mendadak diperbincangkan.

Dosen bergelar doktor ini namanya tersebar di akun WhastApp sesama mahasiswa setelah percakapannya dengan salah satu mahasiswanya beredar.

WU awalnya terlibat percakapan WhatsApp dengan MD, salah satu mahasiswa yang menjadi bimbingan WU. Insiden ini terjadi pada Selasa, 27 September 2022 sekira pukul 21.14 WIT. Bermula ketika MD meluruskan atau mengoreksi pesan dari WU.

“Mohon maaf pak, nama depan (marga) saya Djamal, bukan Djamil,” tulis MD dalam pesan WhatsApp.

Koreksi MD tidak disambut baik WU. WU kemudian mengirim rentetan pesan bernada ancaman. WU bahkan menyuruh MD secepatnya menghadap.

Apakah pak hrs tulis semua di HP pak, anda itu bodoh kalau tdk tahu apa² tidk usah kuliah. Apakah pak ada tulis ngana punya marga. Semua mhswa, bukan PA juga pak tulis nama demikian. Besok anda menghadap pak di kampus, jam 10.30 pak tunggu ngana di kampus, ngana model babi hutan saja itu,” balas WU.

Perilaku tidak etis WU ditanggapi Syarif Abdullah, Ketua Ikatan Keluarga Alumni PGSD. Ia mengecam keras apa yang dilakukan WU.

Menurut Syarif, kata-kata tidak etis semacam “babi hutan”, “bodoh” dan “tidak tahu apa-apa” itu tidak sepantasnya diumbar. Apalagi yang mengucapkan itu seorang dosen dan penasehat akademik.

“Sangat disayangkan jika benar hal itu dilakukan. Terlepas sebagai dosen, WU juga orangtua yang tidak pantas mengeluarkan bahasa seperti itu kepada mahasiswanya,” katanya.

Syarif mendorong agar petinggi fakultas secepatnya bertindak. Manajemen kampus harus memberikan sanksi kepada WU.

“Jika taka da sanksi, khawatirnya terulang kepada mahasiswa lain,” ujarnya.

WU belum dikonfirmasi mengenai perihal dimaksud. Redaksi brindonews akan mengonfirmasi yang bersangkan pada kesempatan pertama Jumat 30 September besok. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini