DLH Kota Ternate Mengolah Sampah Menjadi Batako

Redaksi author photo

  

Syarif Tjan : Kabid pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan DLH Kota Ternate
TERNATE, BRN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate rupanya mempunyai inovasi baru dengan mencoba mengolah sampah menjadi batu bata untuk digunakan setiap bangunan.

Pengelolaan sampah menjadi batako, merupakan sala satu cara untuk mengurangi sampah di Pasar dan Terminal di Kelurahan Gamalam, Kecamatan Ternate tengah. 

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Ternate, Syarif Tjan mengatakan, sampah yang dikelola menjadi batu bata adalah pertama yang dilakukan DLH. 

“Batako ini nantinya diuji dilabolatrium Kampus Unkhair untuk melihat kualitasnya, apakah layak atau tidak digunakan untuk bangunan,”ucap Syarif kepada wartawan, Rabu (7/9/22)

Lanjutnya, untuk proses pembuatan batako menggunakan abu dari hasil pembakaran sampah yang digunakan mesin botom as dicampur dengan semen.

“Pada intinya kita ingin mereduksi sampah plastik, organik yang ada di Terminal agar menjadi lebih berguna. Untuk komposisinya kita masih gunakan abu dan semen, setelah kita ujicoba jika tidak kuat baru kita coba gunakan semen, pasir dan abu,”pungkasnya.(ham)

Share:
Komentar

Berita Terkini