Disarpus Malut Sosialisasi Gerakan Sibua Literasi Disejumlah Sekolah di Halut

Redaksi author photo

Muliadi Tutupoho saat mengenalkan apa itu Gerakan Sibua Literasi kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Halmahera Utara.

TOBELO, BRN
- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Provinsi Maluku Utara mensosialisasikan Gerakan Sibua Literasi di beberapa sekolah di Kabupaten Halmahera Utara. 

Gerakan Sibua Literasi adalah upaya Pemerintah Provinsi Maluku Utara dalam rangkan meningkatkan budaya membaca peserta didik. Sosialsasi dilakukan langsung oleh Kepala Disarpus Maluku Utara, Muliadi Tutupoho selaku reformer pelatihan kepemimpinan nasinal tingkat II angkatan X Puslatbang KNP LAN Makassar Tahun 2022.

Beberapa sekolah tersebut diantaranya SMA Negeri 1 Halmahera Utara, Madrasyah Tsanawiyah Alkhairat Tobelo, SMP Alkhairat Tobelo,  Madrasyah Aliyah Alkhairat Tobelo, SMK Alkhairat Tobelo, SMA Muhammadiyah Galela, SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Halmahera Utara.

Muliadi Tutupoho dalam sambutannya dalam apel pagi di SMA Negeri 1 Halmahera Utara dan di Pondok Alkhairaat Tobelo menyampaikan, sosialisasi dan promosi Gerakan Sibua Literasi untuk mewujudkan Maluku Utara membaca dan Maluku Utara cerdas. Melalui Gerakan Sibua Literasi diharapkan Maluku Utara dapat keluar dari urutan terbawah daftar literasi nasional.

“Gagasan Sibua Literasi merupakan salah satu bentuk inovasi. Karena itu, dukungan dari adik-adik siswa-siswi yang ada di Maluku Utara pada umumnya dan Halmahera Utara pada khususnya, agar kita sama-sama meningkatkan kualitas baca. Kita berupaya agar sekolah-sekolah ini akan muncul siswa-siswi di Halmahera Utara yang unggul dari sisi kualitasnya,” katanya, Jumat, 2 September.

Muliadi mengajak siswa-siswi agar lebih meningkatkan kualitas dengan cara membaca dan belajar di mana saja berada.

“Membaca itu bukan kewajiban kita, tetapi menjadi kebutuhan kita. Membaca baik di sekolah maupun di rumah, belajar baik di sekolah maupun di rumah, di mana saja kita berada. Untuk meningkatkan kualitas bangsa, kita harus memulai dari adik-adik sekalian generasi-generasi penerus bangsa agar meningkatkan budaya minat baca di mana saja,” ujarnya.

Mantan juru bicara Geburnur Maluku Utara ini mengatakan, adanya Gerakan Literasi dapat memudahkan siswa-siswi mengakses beragam buku sesuai kebutuhan siswa-siswi. buku-buku umum maupun buku seperti pendidikan agama, sosial, ekonomi dan budaya dapat diakses melalui ponsel pintar.

“Cukup mengunjungi website sibualiterasi.com kemudian scan barcode yang ada di website, terlihat banyak referensi buku yang siswa-siswi butuhkan. Kebutuhan baca masyarakat melalui smartphone juga terpenuhi. Disarpus Maluku Utara juga memilih siswa-siswi berprestasi dan berkualitas yang nantinya menjadi tim penggerak literasi atau jojaru ngongare di sekolah masing-masing. Mereka menjadi duta literasi sekaligus garda terdepan mengajak teman-teman mereka untuk belajar dan berliterasi di sekolah. Kami berharap para guru dapat mendukung program literasi untuk menuju Maluku Utara cerdas, Maluku Utara yang berkualitas dari generasi-generasi penerus,” ujarnya.

Kepala SMA Negeri 1 Halmahera Utara, Marten Imanuel mengapresiasi dan berterimah kasih atas sosialisasi program Sibua Literasi tersebut. Marten meyakini inovasi belajar dengan memanfaatkan smartphone ini sangat bermanfaat bagi mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Halmahera Utara. 

“Pak Muliadi tadi menyempatkan waktu mengunjungi perpustakaan SMA Negeri 1 Halmahera Utara melihat kelengkapannya. Beliau bilang nanti ada bantuan dari pak gubernur lima perpustakaan sekolah dan lima perpustakaan desa di Kabupaten Halmahera Utara,” ucapnya. (red/adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini