Dinas ESDM Bakal Tertibkan Aktivitas Galan C Tanpa Izin

Redaksi author photo
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas ESDM Malut Suryanto


SOFIFI, BRN – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku Utara berjani akan menghentikan aktivitas pertambangan galian C yang tidak mengantongi izin. Salah satunya di Desa Songa, Kecamatan Bacan Tengah, Halmahera Selatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas ESDM Malut Suryanto Andili kepada media brindo grup via WhatsApp Minggu (18/9/2022) mengatakan, sejak pemerintah pusat kembalikan kewenangan pemberian izin itu di daerah. Dinas Esdm belum pernah mengeluarkan izin galian C. Meski begitu akan meninjau lokasi bersama tim Inspektur tambang.

“Sejauh ini, Dinas ESDM belum mengeluarkan satupun izin pertambangan galian C, sebab masih menunggu juknis dan juklan dan Kementerian ESDM,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan Permen ESDM nomor 7 tahun 2020 tentang tata cara Pemberian Wilayah, Perizinan, dan Pelaporan pada Kegiatan Usaha Pertmabangan Mineral dan Batubara, yang telah diubah menjadi Permen ESDM nomor 16 tahun 2021, dan Kepmen ESDM nomor 110.K/HK.02/Mem.B/2021 tentang pedoman permohonan wilayah izin usaha pertambangan batuan.

Meskipun pemerintah pusat sudah mengbalikan ke daerah sesui aturan tersebut, akan tetapi hingga saat ini belum ada juklak dan juknis, dan itu belum ada izin yang dikeluarkan.

Dinas ESDM akan menghentikan aktivitas pertambangan galian C yang belum adan izin, apabila tidak ada itikad baik dari pemlik galian tersebut, dinas ESDM akan menempuh jalur hukum.

“Kami akan laporkan ke penegak hukum, apabila pemilik galin C yang belum ada izin tetapi kembali beraktivitas,” sebutnya. (tim/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini