BPK Temukan Dugaan Belanja Fiktif dalam Pengadaan Alat Ekonomi Produktif Dishut Malut

Redaksi author photo

Kantor BPK Perwakilan Maluku Utara.

TERNATE, BRN
- Badan Pemeriksa Keuangan Maluku Utara menemukan adanya belanja fiktif dalam proyek pengadaan alat ekonomi produktif di Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara. 

Temuan ini diketahui setelah BPK mengaudit LKPJ Pemerintah Provinsi Maluku Utara tahun 2021 dan pemeriksaan fisik barang kepada penerima barang.

Dugaan fiktif paket yang menelan lebih dari Rp4 miliar ini tertuang dalam hasil pemeriksaan BPK Perwakilan Maluku Utara tahun 2021 Nomor 01.A/LHP/XIX.TER/05/2022 tertanggal 9 Mei 2022.

Paket ini dikerjakan PT BHH dengan nomor kontrak 02/PPK-KONTRAK/DAK-AEP/3.04/2021 terhitung sejak 17 Februari 2021. Pekerjaan sudah dibayarkan 100 persen sesuai SP2D Nomor 02840/SP2D-LSDAK/BPKPAD/III/2021 tertanggal 4 Agustus 2021.

“Hasil pemeriksaan fisik dan konfirmasi kepada penerima barang pada 26 Maret 2022, diketahui fisiknya nol,” tulis BPK dalam hasil pemeriksaan yang dikutip brindonews, Senin malam, 26 September.

Pengadaan alat ekonomi produktif tersebut terdiri dari empat unit mesin pengupas pala, dua unit mesin pengering pala, tiga mixer dan satu unit mixer baglog.

BPK juga menemukan belanja pemeliharaan tidak sesuai ketentuan sebesar Rp271 juta lebih. Termasuk kekurangan volume dan realisasi pekerjaan pemeliharaan tahun pertama pada dua kelompok tani hutan pada Dinas Kehutanan Maluku Utara yang tidak sesuai ketentuan.

Terhadap temuan ini BPK kemudian merekomendasikan Gubernur Maluku Utara agar memerintahkan Kepala Dinas Kehutanan Maluku Utara untuk memproses (mengembalikan) kelebihan pembayaran sebesar Rp226.190.430,00 sesuai ketentuan peraturan perundangundangan. 

Kepala Dinas Kehutanan Maluku Utara, Syukur Lila dikonfirmasi tidak memberikan penjelasan ihwal dimaksud. Pesan konfirmasi yang dikirim redaksi brindonews tidak dibalas. Upaya konfirmasi kedua pun sama. Pesan konfirmasi yang dikirim redaksi brindonews tidak direspon hingga berita ini di publis pada Selasa malam, 27 September. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini