Besaran Upah Yang Disepakati PT MTP Falabisahaya Dengan TKBM

Redaksi author photo
Pihak PT. MTP Bersama TKBM Falasbisahaya Sepakati Tarif Upah Bongkar Muat Naik 

SANANA, BRN - Setelah didemo oleh puluhan buruh tenaga kerja bongkar muat (TKBM) Pelabuhan Regional Falabisahaya, Kecamatan Mangoli Utara, Kepulauan Sula, akhirnya PT Mangole Timber Producers (PT MTP) bertemu dengan pihak TKBM. Menyepakati upah buruh 6000/ton.

Seorang buruh di pelabuhan itu yang tak mau disebutkan namanya menuturkan, sebelumnya Koperasi Buruh TKBM Pelabuhan Falabisahaya berkoordinasi dengan pihak PT MTP terkait bongkar muat di area pelabuhan milik PT MTP. Dimana TKBM meminta agar dilibatkan dalam kegiatan bongkar muat di area pelabuhan PT MPT. 

“HRD PT MTP hanya menjanjikan, jika material perusahaan sudah tiba di pelabuhan, akan dikabarkan ke buruh TKBM. Namun sudah beberapa kali bongakar muat, pihak perusahan tidak pernah melibatkan buruh TKBM,”katanya.

Hal itulah yang membuat puluhan buruh TKBM naik pitam dan langsung berunjukrasa pada Kamis (31/8/2022). Mereka masuk ke area PT MTP dengan membawa seluruh dokumen lengkap Koperasi TKBM yang berbadan hukum.

Setelah didemo, pihak perusahaan bertemu dengan buruh TKBM, Jum’at (2/9). Informasi yang diterima Brindonews.com, Jumat (16/9/) dari Human Resource Development (HRD) Yudi Siswanto, menyatakan pertemuan di Kantor  PT MTP ini dipimpin langsung General Manager Manufacturing, Willy Kurnia, dihadiri unsur muspida, Ketua Koperasi TKBM Kader Saniapon serta sejumlah buruh.

Melalui pertemuan itu, katanya Koperasi TKBM menawarkan upah bongkar muat sebesar Rp 125.000/ton. Tawaran ini tidak disetujui pihak perusahan dan membuat kebijakan besaran upah buruh Rp 6000/ton. Alasannya, TKBM Falabisahaya belum mempunyai Perusahan Bongkar Muat (PBM). Jika kebijakan itu tidak diterima, PT MTP tidak akan melibatkan Koperasi TKBM dalam bongkar muat.

Pembayaran upah yang dibijaki oleh perusahan itu akahirnya disetujui oleh Koperasi TKBM yang dibuat dalam berita acara kesepakatan bersama tentang kegiatan bongkar muat di area  PT MTP.(El/red)

 

 

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini