Bawaslu Kota Ternate Buka Pendaftaran Panwascam

Redaksi author photo

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan


TERNATE, BRN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ternate resmi membuka rekrutmen calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se-Kota Ternate. 

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan mengatakan, Jadwal pendaftaran calon anggota Panwascam itu akan diumumkan pada tanggal 15-21 September tahun 2022.

“Kami sudah rapat secara internal, untuk pembentukan kelompok kerja (Pokja) perekrutan Panwascam. Jadi kemungkinan pertengahan September tahapan seleksi sudah mulai” kata Kifli kepada wartawan, Kamis (15/9/22).

Kifli menjelaskan, jika melihat pada pedoman pelaksanaan pembentukan Panwascam untuk Pemilu serentak 2024, tahapan pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran calon anggota Panwascam akan digelar pada 21 hingga 27 september.

Lanjut Kifli, untuk seleksi Panwascam ini menggunakan sistem tertulis dan wawancara tatap muka, tes tertulis kemungkinan akan dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dimana untuk seleuruh kecamatan akan di lakukan secara terpusat. 

"Kami belum bisa menentukan Tempatnya, nanti kita pilih setelah kita uji kelayakan sistem CAT. Sementara mengenai syarat-syarat perekrutan sudah diatur dalam ketentuan, dan ini yang akan dipedomani saat proses seleksi nanti,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, masyarakat bisa mengakses informasi pengumuman pendaftaran calon anggota Panwaslu Kecamatan melalui pengumuman pendaftaran di media sosial maupun laman resmi Bawaslu Ternate.

Ia menyebutkan, bagi yang ingin bergabung sebagai Pengawas Kecamatan pada Pemilu serentak 2024 mendatang, harus betul-betul memperhatikan syarat-syarat pencalonan tersebut.  

"Informasi mengenai syarat pencalonan maupun jadwal tahapan dapat diakses lewat media sosial dan laman resmi Bawaslu Ternate. Yang terpenting calon peserta harus lebih dini mempersiapkan diri dengan matang," ujarnya.

“Seleksi Panwascam ini akan dilakukan secara transparan dengan mengedepankan prinsip yang diatur di dalam ketentuan kepemiluan, tutupnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini