APBDP Halmahera Timur Dijadwalkan di Ketuk Jumat Pekan Ini

Redaksi author photo

Ricky CH. Ricfat.

HALTIM, BRN
- Pembahasan dan pengesahan APBDP 2022 Halmahera Timur menemui kesepakatan. Ini tiga Komisi DPRD dan pemerintah kabupaten bermotto Limabot Fayfiye membahas tiap-tiap item program super prioritas yang terdapat dalam rencana keuangan tahunan tersebut.

Salah satu yang diperhatikan saat pembahasan adalah penyesuaian penganggaran pada usulan program baru dan kegiatan lanjutan.

Sekertaris Daerah Halmahera Timur, Ricky CH. Richfat mengatakan, pembahasan dilakukan agar lebih merampung item kegiatan yang dianggarkan pada APBDP 2022.

“Sekarang sudah pada rangkaian penyelesaian tiap-tiap komisi DPRD bersama OPD. Pembahasan ditingkat komisi I, II dan III diwajibkan selesai pada Kamis besok, 8 Agustus 2022 pukul 11 siang. Sehinga tiap-tiap komisi masih punya waktu untuk menyiapkan bahan-bahan atau materi pada rapat finalisasi antara badan anggaran dan TAPD yang dilanjutkan pada hari berikutnya, Jumat pagi. Kemudian dilanjutkan pengesahan pada Jumat malam sesuai yang dijadwalkan,” kata Ricky Rabu, 8 September.

Ricky menyebutkan, dalam pembahasan APBDP 2022, pemerintah daerah tetap fokus mempertahankan zero defisit. Ini supaya tidak memengaruhi kondisi keuangan.

“Walaupun pemerintah daerah ke depanya banyak pendapatan yang akan masuk dari sektor pajak melalui perusahan-perusahan tambang yang masuk di Halmahera Timur. Ini karena belum masuk di RKUD sehingga pemerinta daerah masih menganggap kondisi yang ada sekarang surplus Rp 23 miliar adalah final untuk penyusunan APBD Perubahan,” ucapnya. 

Semua tahapan pembobotan APBD P sampai finalisasi dianggap penting supaya memetahkan struktur dan belanja daerah. Badan Anggaran DPRD dan TAPD harus memiliki kesamaaan kesepahaman, yaitu APBD P adalah mutlak produk hukum yang dihasilkan dua institusi antara DPRD dan pemerintah daerah.

Wakil Ketua I DPRD Halmahera Timur, Faisal Wahab mengatakan pengesahan ABPD P 2022 disahkan atau tidaknya bergantung pada pembahasan antara komisi DPRD bersama tiap-tiap OPD. Kendati begitu, Faisal mengaku, Jumat finalisasi dan pengesahan sesuai jadwal akan dilaksanakan secepatnya. 

“Jadi semuanya tergantung pembahasan di tingkat Komisi DPRD Bersama mitra. Bisa dipercepat, tapi tergantung pembahasan komisi. Tetapi kami targetkan pada Jumat pagi Banggar DPRD dan TAPD sudah lakukan rapat finalisasi kemudian dilanjutkan pengesahan pada malamnya,” jelasnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini