Tanggap Keselamatan, KSOP Ternate Sosialisasi Keselamatan Pelayaran

Redaksi author photo

Para peserta didik Kelas X dan XI SMA Negeri 4 Ternate berpose bersama perwakilan KSOP Kelas Ternate usai sosialisasi.

TERNATE, BRN
- Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate menggelar sosialisasi Keselamatan Pelayaran di SMA Negeri 4 Kota Ternate. 

Sosialisasi Tanggap Keselamatan dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022 ini diikuti sejumlah 100 peserta didik Kelas X dan XI.

Kepala KSOP Kelas II Ternate, Agustinus mengatakan, aspek keselamatan, utamanya perairan, merupakan tanggung jawab semua pihak. Berbagai unsur baik pemerintah, swasta maupun masyarakat turut terlibat dalam mewujudkannya.

“Bukan saja tanggung jawab syahbandar semata. Masyarakat pelayaran dan pelaku transportasi laut kini harus semakin menyadari pentingnya keselamatan pelayaran demi terciptnya kesadaran masayarakat kita dapat meminimalisir kecelakaan laut yang diakibatkan oleh kelalalaian manusia,” katanya.

Agustinus menyatakan, sosialisasi Keselamatan Pelayaran yang diberi label Perhubungan Mengajar 2022 ini dianggap penting dan perlu terus dilakukan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya aspek keslematan pelayaran.

“Para peserta diberikan penjelasan dan pemahaman tentang alat-alat keselamatan yang biasanya terdapat di setiap kapal. Juga langkah apa saja yang harus dilakukan apabila mengalami musibah atau kecelakaan laut,” kata Agustinus, saat disembangi usai sosialisasi di SMA Negeri 4 Ternate, Kamis siang, 18 Agustus.

Agustinus menambahkan, sosialisasi serupa akan berlanjut di SMK N 1, SMK N 2, SMA N 1 Ternate.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak sekolah yang mau menerima dan memberikan waktu terlaksananya sosialiasi keselematan.  Antusias para siswa saat sesi tanya jawab membuat kami lebih bersemangat untuk menjelaskan, karena banyak dari mereka para siswa yang belum tahu keguanaan dari alat-alat keselamatan diatas kapal,” katanya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini