Open Ceremony Fagogoru Cup di Halmahera Timur Ditunda

Redaksi author photo

Panitia pelaksana Fagogoru Cup IV 2022 di Halmahera Timur.

HALTIM, BRN
- Pembukaan turnamen Fagogoru Cup IV di Halmahera Timur resmi ditunda. Penundaan ini diketahui karena kesiapan panitia pelaksana yang belum 100 persen selesai.

Ditundanya turnamen di negeri Tiga Bersaudara (Weda, Patani dan Maba) itu setelah panitia pelaksana melakukan rapat evaluasi beberapa kesiapan. Rapat panitia berlangsung di Caffee Pojok, Jalan 40, Kota Maba, Rabu malam, 10 Agustus.

Ketua Panitia Fagogoru Cup IV, Rusmin Gafur mengatakan, Fagogoru Cup IV seyognya dihelat pada 30 Agustus 2022 atau 20 hari pasca perayaan HUT ke 77 RI.

Pelaksanaan event bergengsi dua tahun sekali di negeri Tiga Bersaudara ditunda hingga 10 September 2022. Open ceremony dijadwalkan Sabtu sore, di lapangan Jiko Mobon.

Alasan penundaan event disebabkan beberapa alasan teknis, yakni kesiapan panitia yang sepenuhnya belum mencapai target dan  penyesuaian jadwal pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Maluku Utara di Kota Ternate pada 30 Agustus 2022.

“Rencana pembukaan Fagogoru Cup pada 30 Agustus tidak jadi (ditunda), karena ada perubahan waktu atau jadwal. Mengingat karena bertepatan dengan pembukaan Porprov Maluku Utara pada waktu yang sama sehingga ditunda sampai 10 September. Nanti pasca kegiatan porprov baru Fagogoru Cup dimulai,” katanya, Kamis, 11 Agustus.

Selain bertepatan dengan pembukaan porprov, penundaan Fagogoru Cup IV juga sudah sesuai hasil konfirmasi ke pihak Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Maluku Utara.

“Mereka minta panitia agar pembukaan Fagogoru Cup ditunda dulu, sehingga panitia bersepakat pembukaan dilaksanakan pada 10 September. Apalagi, event ini dibutuhkan kehadiran Ketua Asprov PSSI Maluku Utara, Edi Langkara. Ditambah pengadil pertandingan alias wasit dan hakim garis yang diutus langsung dari asprov,” tambah Rusmin.

Rusmin menambahkan, hingga Kamis, 11 Agustus, baru lima football club sudah memasukkan formulir pendaftaran ke panitia dari 39 team yang terkonfirmasi.

“Baru lima team yang lengkapi administrasi atau resmi mendaftar ke panitia, yang lainnya belum. Sementara tim bola voli masih menunggu konfirmasi dari divisi yang menangani. Pendaftaran ditutup pada 20 Agustus pekan depan. Kesiapan lain menyangkut administrasi sudah mencapai 99 persen,” sebutnya.

Untuk pertandingan sepak bola, lanjut Rusmin, panitia pelaksanan menyediakan empat lapangan. Yaitu di Desa Wailukum, Sangaji dan dua di Soagimalaha.

“Tetapi Jiko Mobon dijadikan lapangan utama. Konstruksi fisik lapangan utama ditargetkan rampung satu dua minggu ke depan, sementara ini mulai dikerjakan. Menyangkut hal teknis, manager meeting dan technical meeting untuk mematangkan kesiapan selanjutnya disampaikan panitia. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini