Mahasiswa Arsitek Unkhair Ekspo Karya Aristektur di Halmahera Timur

Redaksi author photo

Sekretaris Daerah Halmahera Timur, Ricky CH. Richfat memukul Tifa (alat musik tradisional Maluku Utara) sebagai tanda dibukanya Pekan Kreatifitas Arsitektur.

HALTIM, BRN
- Mahasiswa Program Studi Teknik Arsitek Universitas Khairun Ternate menggelar Pekan Kreatifitas Arsitektur di Pendopo Joko Mobon, Desa Soagimalaha, Halmahera Timur, Rabu, 24 Agustus. Acara dibuka langsung Sekertaris Daerah Halmahera Timur, Ricky CH. Richfat.

Kegiatan dengan memamerkan 10 hasil karya mahasiswa yang di gelar selama satu pekan ke depan ini disambut baik Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur. Terutama Kepala Dinas PUPR Halmahera Timur, Revolino Merbas dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Muliastuti selaku alumnus fakultas teknik.

Sekertaris Daerah Halmahera Timur, Ricky CH. Richfat mengatakan, pameran kreativitas karya tangan arsitektur dari Mahasiswa Teknik Arsitek Unkhair ini diharapkan dapat memberikan dampak baik kepada masyarakat dan memotivasi peserta didik yang bakal melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

“Kegiatan ini semoga bisa bermanfaat. Ke depanya Pemerintah Halmahera Timur akan bekerjasama dengan Teknik Arsitek Unkhair untuk turut berkontribusi terhadap pembangunan daerah,” katanya ketika menyampaikan sambutan.

Ricky berharap, mahasiswa teknik ke depannya lebih berkreasi supaya Fakultas Teknik Unkhair bisa maju pesat sehingga mampu bersaing dengan fakultas lain.

“Jadi saya minta kegiatan ini mempunyai nuansa yang berbeda dari sebelumnya dilakukan di enam kabupaten lain,” tandasnya.

Ketua Panitia Pekan Kreatifitas Arsitektur, Zulkarnain Baba mengemukakan, kegiatan yang dilakukan itu merupakan pengabdian terhadap masyarakat. Pekan kreativitas arsitektur adalah kegiatan rutin setiap tahun Program Studi Teknik Arsitek Unkhair Ternate.

“Ada 14 item kegiatan yang akan ditampilkan selama event, yaitu dialog, sosialisasi, pelatihan desain grafis, belajar arsitektur, bakti sosial, sayembara tugu, pameran karya arsitektur, bursa arsitektur, lomba miniatur, lomba sketsa ditambah lomba mewarnai,” sebutnya.

Zilkarnain menambahkan, kegiatan serupa sebelumnya dilakukan di beberapa kabupaten kota di Maluku Utara.

“Termasuk pada 2021 lalu kami buat di Sofifi yaitu Klinik Arsitektur. Kami menerima konsultasi dari masyarakat untuk menawarkan desain  rumah atau gedung secara gratis. Karya yang ditampilkan dalam bentuk bangunan miniatur yakni miniatur bangunan adat, bangunan masjid dan masih banyak lagi,” ujarnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini