Harapan Perwira Polisi Polda Maluku Utara saat Buka Lahan TPU di Kalumata

Redaksi author photo

Ilustrasi tempat pemakaman umum.

Inisiatif Hi. Ma’ruf Ibrahim membuka lokasi pemakaman baru di RT 011 RW 004, Keluarahan Kalumata, Ternate Selatan, mendapat dukungan masyarakat Kalumata.

Perluasan lahan seluas 95x70 meter persegi itu untuk menjawab kekhawatiran menyusutnya lahan perkuburan akibat padatnya perkuminan.

Hi. Ma’ruf Ibrahim tercatat sebagai Anggota Polri yang bertugas di Bidang Propam Polda Maluku Utara. Ia merupakan alumni Jurusan Ilmu Sosial Politik di Universitas Satya Wiyata Mandala, Nabire, Jayapura.

Ketua RT 011 RW 004, Kelurahan Kalumata, Rusman menyebutkan, penambahan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) dianggap penting dan perlu diapresiasi.

“Area TPU lama sudah full. Lokasi yang baru ini sudah difungsikan sebagai TPU dan sudah ada empat kuburan di situ,” ucap Man, Minggu malam, 28 Agustus.

Menurut Man, perluasan area perkuburan yang dilakukan Hi. Ma’ruf Ibrahim, S.Sos mendapat dukungan warga. Lahan seluas 95x70 meter persegi tersebut dibiayai pribadi oleh Hi. Ma'ruf Ibrahim, S.Sos.

“Warga datang dan sama-sama bekerja. Kami sangat berterimakasih, warga RT lain pun turut mendukung. Itu sangat luar biasa sekali, apalagi ini buat TPU. Beliau masyarakat asli Kalumata juga tokoh masyarakat di sini,” sebutnya.

Hi. Ma’ruf Ibrahim dikonfirmasi menyampaikan terimakasih dan apresiasi para warga yang mendukung mewujudkan niatnya. Berharap, TPU yang sebelumnya pesisir pantai itu dapat membantu akan semakin menyusutnya lahan perkuburan di Kelurahan Kalumata.

“Khawatir lahan kuburan semakin semakin. Saya kemudian berinisiatif buat lahan kuburan baru. Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat dimanfatkan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Hi. Ma’ruf mengemukakan, lokasi yang saat ini sudah difungsikan sebagai TPU Kelurahan Kalumata tersebut ke depannya bisa menjadi wisata religi makam terapung. Apalagi di spot tersebut merupakan wilayah pesisir dengan view Pulau Maitara dan pemandangan pantai nan indah saat sore hari. 

“Saya berharap TPU Kelurahan Kalumata ini di kemudian hari menjadi satu-satunya tempat wisata religi kuburan terapung di Ternate, khususnya di Maluku Utara,” ujarnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini