Gubernur Malut Luncurkan Sitera Maskot Porprov IV di Ternate

Redaksi author photo

GUbernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba saat menyampaikan sambutan dalam acara peluncuran Logo dan Maskot Porprov IV Maluku Utara Tahun 2022 di Land Mard Ternate.

TERNATE, BRN
- Logo dan Maskot Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov IV Maluku Utara Tahun 2022 resmi dilaunching, Jumat malam, 5 Agustus. Acara peluncuran logo dan maskot ini dibuka langsung Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba. 

Dilaunchingnya maskot yang diambil dari Burung Bidadari dan dinamai Sitera itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya melindungi keberlangsungan fauna nan cantik itu dari ancam pemburuh.

Burung bernama latin Semioptera Wallacii ini ditemukan pertama kali oleh Alfred Russel Wallace di Pulau Bacan, Maluku Utara, sekitar tahun 1858. Burung Bidadari termasuk salah satu jenis burung endemik di Maluku Utara dan dilindungi kepunahannya.

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba dalam sambutannya mengharapkan, acara launching logo dan maskot ini menjadi pemersatu sebagaimana arti kiasan simbol Cincin yang terdapat dalam logo. Dua cincin yang saling berkait merupakan rantai persatuan yang kuat tanpa melihat perbedaan daerah, suku, agama dan budaya.

Abdul Gani menerangkan, pembangunan keolahragaan di Maluku Utara harus mampu menjamin pemerataan kesempatan olahraga, peningkatan mutu, relevansi dan efisiensi manajemen olahraga untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan dan dinamika perubahan dalam keolahragaan, termasuk perubahan tantangan global yang lebih dinamis dan disesuaikan dengan era industri digital.

Maskot Porprov IV Maluku UtaraTahun 2022.

Pekan Olahraga Provinsi Maluku Utara Tahun 2022 harus disosialisasikan kepada masyarakat dengan harapan, selain menjadi penyemangat para atlit dalam berkompetisi, juga menjadi semangat bagi masyarakat dalam memanfaatkan momentum dalam rangka meningkatkan pendapatan ekonomi.

“Ivent ini harus dimanfaatkan oleh daerah yang menjadi tuan rumah sebagai moment yang tepat untuk mendongkrak pendapatan daerahnya melalui sektor pariwisata. Melalui Porprov Maluku Utara tahun 2022 juga dapat meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang pembinaan atlit dan pengelolaan manejemen keolahragaan, terutama mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat serta meningkatnya partisipasi KONI kabupaten kota dan instansi lainnya untuk memberikan kontribusi dalam menggalang potensi atlit dalam rangka menghadapi fungsi dan multi event nasional di masa akan datang,” katanya.

Ketua Panitia Porprov IV Maluku Utara Tahun 2022, Jasman Abubakar menjelaskan, launching logo dan maskot Porprov ke IV adalah wadah promosi dan sosialiasi sebagai bentuk persiapan pembukaan yang dijadwalkan pada 31 Agustus sampai 7 September mendatang.

“Pelaksanaannya di Kota Ternate (tuan rumah Porprov IV Maluku Utara). menurut data, sudah tercatat sebanyak 1.304 atlit serta 400 perangkat pertandingan, dan Official kurang lebih 200  orang dari 8 kabupaten kota yang sudah mendaftarkan diri. Kita berharap semoga pelaksanaan porprov melalui launching dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan,” ucapnya.

Jasman mengatakan sebanyak 24 cabang olahraga bakal dipertandingkan. Panitia juga menyiapkan lebih dari 1.200 medali, masing-masing 300 medali emas dan perak, serta 500 medali perunggu. 

“Termasuk akomodasi kurang lebih 23 hotel yang tersebar di Kota Ternate dan asrama haji untuk menampung 1.300 peserta atlit, offiicial  dan perangkat pertandingan,” katanya. (red/adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini