DPRD Sarankan Pemerintah Sediakan Skema Pinjaman ke Pihak Ketiga

Redaksi author photo

Muhajirin Bailussy.

TERNATE, BRN
- DPRD dan Pemerintah Kota Ternate menandatangani KUA-PPAS APBD Perubahan Tahun 2022. Paripurna masa sidang 2022 itu juga meneken APBD Induk tahun anggaran 2023.

Kesepakatan keduabela pihak tersebut disepakati dalam Paripurna ke-9 dan10 di Ruang paripurna DPRD Kota Ternate, Senin, 15 Agustus kemarin.

Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailusy menjelaskan, struktur APBD Perubahan 2022 terdiri dari pendapatan daerah sebesar Rp1.006.456.260.534 dan belanja Rp 1.019.491.244.039. Jumlah ini selisih mencapai Rp9 miliar lebih.

“Sehingga pembiayaan dirancang defisit Rp13 miliar. Jadi nanti kita buat penyusuain di pembahasan RAPBD,” katanya usai paripurna.

Sedangkan APBD Induk 2023, anggaran pendapatan dan beban belanja sebesar Rp1.061.482.347.00. kesesuaian besaran anggaran ini pendapatan maupun belanja berimbang.

“Defisit nol. Itu artinya ada persamaan antara pendapatan dan belanja,” tambahnya. 

Politikus PKB ini menambahkan, pelihat porsi anggaran yang ada, Pemerintah Kota Ternate disarankan menyediakan skema pinjaman ke pihak ketiga. Ini supaya dapat mengantisipasi program prioritas pemerintah secara tiba-tiba.

“Kalau bisa dirancang ada pinjaman. DPRD khawatir jangan sampai anggaran sudah disahkan, kemudian sewaktu waktu ada program prioritas yang mau didorong pemerintah, kita mau ambil anggaran dari mana. Seharusnya dirancang buat pinjaman, agar masih ada anggaran dari pemerintah,” ucapnya.

Mencermati realisasi target pendapatan daerah 2022 ini, lanjut Muhajirin, perlu adanya akselerasi APBD Perubahan dan APBD Induk 2023. Ini bertujuan agar supaya dapat mendukung visi-misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota sesuai janji kampanye.

“(janji kampanye mereka) belum terlihat sampai saat ini. Mana yang harus menjadi target untuk diselesaikan pun tidak tanda-tanda. DPRD dan pemerintah sudah setuju akselerasi dan skema pinjaman itu nanti disesuaikan di internal TAPD lalu disampaikan ulang ke DPRD,” katanya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini