Dispar Kota Ternate Bakal Bentuk Pokdarwis di Foramadiahi

Redaksi author photo

Rustam Panjab Mahli.

TERNATE, BRN
- Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate bakal menjadikan Kelurahan Foramadiahi, Kecamatan Pulau Ternate sebagai kelompok sadar wisata atau pokdarwis.

Kepala Dinas Parawisata Kota Ternate, Rustam Panjab Mahli menilai, Foramadiahi dapat dikembangkan sebagai salah satu kelurahan sadar wisata di Kota Ternate.

“Kami lihat Kelurahan Fora Madiahi sangat layak adanya kelompok wisata untuk mengelola Makam Baabullah. Sebab, menurut kami, Makam Baabullah merupakan identitas orang Ternate dan simbol Kota Ternate. Tentu ini menjadi salah satu batu loncatan untuk bagaimana meningkatkan ekonomi kreatif di Kelurahan Foramadiahi,” kata Rustam ketika disembangi Media Brindo Grup (MBG) di DPRD Kota Ternate usai Paripurna, Rabu siang, 31 Agustus.

“Kami butuh kerjasama dari pihak kecamatan dan kelurahan untuk mengembangkan Kelurahan Foramadiahi menjadikan salah satu contoh, dan menunjukkan bahwa inilah identitas orang Ternate. Dari situ ekonomi kreatif akan bangkit. Di kelurahan tersebut juga akan ada pemberdayaan masyarakat terutama kuliner. Tahun ini akan bangun tempat kuliner yang direspon baik oleh masyarkat,  dan mereka menyediakan tempat untuk pemgembangan ekonomi kreatif,” tambahnya.

Rustam mengatakan, selain Foramadiahi, pokdarwis juga dibentuk di semua keluarahan. Pembentukan pokdarwis bertujuan mendorong pengembang ekonomi kreatif dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

“Kami sudah berkoordinasi dengan Unkhair Ternate, dan mereka siap membantu dari pembinaan maupun sosialisasi. Juga menyiapkan tenaga pemandu untuk pengembangan wisata,” ujarnya.

Rustam mengaku kelompok sadar wisata ini sudah dibentuk dua pekan lalu. Pokdarwis lebih difokuskan pada kawasan destinasi di Kelurahan Kastela, Sulamadaha dan Kulaba untuk menopang kesejateraan masyarakat dan PAD.

“Di tiga kecamatan terluar juga akan dibentuk, karena ada potensi yang harus dikembangkan,” katanya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini