Disarpus Malut Gelar Lomba Literasi Tingkat SD, SMP dan SMA

Redaksi author photo

Foto Bersama Akselerasi Budaya Literasi menuju Maluku Utara Cerdas.

TOBELO, BRN - Untuk mendorong gairah anak-anak lebih giat membaca,  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan lomba literasi bagi anak-anak SD-SMA yang dipusatkan di Pondok Pesantren  Alkhairaat Tobelo, Halmahera Utara, Rabu (31/08/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Akselerasi Budaya Literasi menuju Maluku Utara Cerdas” itu  secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara (Disarpus Malut) Muliadi Tutupoho, yang saat ini sebagai peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan X PUSLATBANG KMP LAN  Makassar tahun 2022.

“Kegiatan lomba literasi ini merupakan kegiatan Disarpus yang dirangkaikan dengan implementasi proyek perubahan PKN II dimaksud dengan menyelenggarakan lomba-lomba  dimaksud. Pesertanya terdiri utusan dari 11 Sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA atau sederajat, dengan 3 mata lomba yaitu lomba cerita, dongeng dan lomba baca puisi,”jelas Muliadi dalam sambutannya.

Dia meminta dukungan dan kerjasama dengan para kepala sekolah, dewan guru dan siswa untuk mendorong literasi siswa dengan mempromosikan gerakan SIBUA LITERASI di Provinsi Maluku Utara. Juga mengharapkan adanya percepatan budaya literasi menuju Maluku Utara cerdas. Maluku Utara cerdas adalah visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara, karena itu lomba ini merupakan rangkaian dari pra event festival literasi yang nanti dilaksanakan pada akhir September di Sofifi.

"Lomba di event Festival Literasi dimaksud akan diikuti utusan dari 10 Kabupaten/Kota dan jenis-jenis lombanya akan lebih dari apa yang kita laksanakan hari ini,"ujar Multo sapaan akrabnya. 

Muliadi mengatakan, lomba ini adalah bagian terkecil dari bagaimana kita memacu minat dan budaya baca anak-anak itu sendiri. Nanti ada lomba baca puisi, lomba bertutur, lomba cerita dongeng dan masih banyak jenis lomba yang akan digelar pada akhir September.

"Dengan lomba itu, maka anak-anak pasti belajar, anak-anak itu pasti menghafal, dan membaca. Dan lomba itu bisa mempertemukan dengan sekolah yang lain di seluruh Maluku Utara di satu kegiatan,"ujarnya.

Muliadi  juga menyampaikan, kegiatan ini belum bisa mengundang sekolah-sekolah yang lain karena keterbatasan waktu. Dan, berharap para kepala sekolah, pendamping, guru untuk anak-anak didiknya, bahwa para penerima juara  jangan melihat besaran angkanya dalam hadiah.

"Kita lihat adalah bagaimana anak-anak itu sendiri punya semangat, punya jiwa untuk maju melalui proses belajar itu sendiri,"ujarnya.

Sebagai Kepala Dinas, Muliadi  berterima kasih kepada para guru yang mendampingi dan mendorong anak-anak untuk ikut kegiatan melalui lomba literasi. "Kenapa literasi itu penting karena kalau mau menjadi orang  yang sukses itu punya semangat berjuang untuk mendorong dirinya menjadi lebih baik lagi,"sambungnya.

Di akhir sambutannya, dia  menyampaikan bahwa lomba-lomba seperti ini akan dilakukan juga di desa-desa, karena saat workshop dengan para kepala desa, dia harap kepala desa bisa melaksanakan lomba-lomba itu. Lomba tersebut, untuk mata lomba cerita dongeng tingkat SD, Juara 1 diraih La Ode Varend dari SD Islamiyah Tobelo, Juara 2 M Nasrin Ilham Dai dari SD Alkhairat Tobelo, Juara 3 Nurul Aprilia dari SD Islamiyah Tobelo.

Untuk lomba cerita dongeng tingkat SMP, Juara 1 diraih Chayla CH. Onthoni dari SMP Negeri 1 Halut, Juara 2 Peter Dave Rompis dari SMP Negeri 1 Halut, Juara 3 Crizty Zefania Lahope dari SMP Negeri 1 Halut. Dan, lomba baca puisi, Juara 1 Eugenia Edista Noky dari SMA Negeri 1 Halut, Juara 2 Cut Farah Rahmat dari Madrasah Aliyah Alkhairat Tobelo, Juara 3 Rista Daniswar Adzra dari  Madrasyah Aliyah Alkhairat Tobelo.

Kegiatan itu dihadiri Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Halmahera Utara yang juga sebagai juri pada lomba tersebut, para kepala sekolah, dan guru pembimbing. (red/adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini