Sekretaris Panitia Haornas Diancam 20 Tahun Bui dan Denda I Miliar

Redaksi author photo

Sukarjan Hirto saat digiring menuju mobil tahanan. Ia tampak didampingi putrinya (jilbab hitam).

TERNATE, BRN
- Sekretaris Panitia Hari Puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) Sukarjan Hirto, resmi mengenakan rompi tahanan Kejaksaan Negeri Ternate. 

Mantan Kadispora Kota Ternate itu ditetapkan tersangka dalam kasus Haornas yang diselenggarakan di Kota Ternate 2018 lalu.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate, Abdullah melalui Kasi Intel Kejari Ternate, Muhammad Adung mengatakan, SH alias Sukarjan Hirto dititipkan di Rumah Tahanan Negara atau Rutan Kelas II Jambula selama 20 hari kedepan. SH ditahan berdasarkan Surat Perintah Penahanan Kepala Kejaksaan Negeri Ternate Nomor: Print-610/Q..2.10/Fd.2.07/2022 tanggal 29 Juli 2022.

“Perintah penahanan ini dilakukan terhadap tersangka oleh tim penyidik karena tersangka diduga melakukan tindak pidana berdasarkan bukti yang cukup, dalam hal adanya keadaan yang menimbulkan kekhawatiran bahwa tersangka akan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi tindak pidana,” ucap Adung.

Adung menyatakan, SH disangka oleh Kejaksaan Negeri Ternate sehubungan dengan dugaan tindak pidana korupsi dalam belanja Sewa generator/genset, sound system dan belanja Sewa perlengkapan maupun peralatan lainnya dalam kegiatan fasilitas Haornas tingkat nasional di Kota Ternate.

Tersangka diduga melanggar Pasal 2 Ayat (1), Pasal 3 junto Pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junto Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP dengan ancaman pidana maksimal 20 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini