Disarpus Malut Dorong Minat Baca Maysarakat Lewat Pesta Literasi

publisher: BrindoNews.com author photo

Muliadi Tutupoho.

TERNATE, BRN
- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Provinsi Maluku Utara menggelar kegiatan Pesta Literasi tahun 2022. Acara Pesta Literasi atau singkatan dari Pekan Pesta Literasi rencananya digelar pada September tahun ini. 

Kepala Disarpus Maluku Utara, Muliadi Tutupoho mengatakan, Pesta Literasi merupakan upaya Pemerintah Provinsi Maluku Utara untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Melalui Disarpus, kegiatan ini diharapkan menjadi daya tarik dan mampu merangsang minat baca dari  presentase 60,01 persen. 

“Juga dalam rangka mendukung Kota Sofifi sebagai Rumah Kita sesuai visi-misi Gubernur Maluku Utara,” ujar Muliadi, saat ditemui di Kelurahan Tabona, Kota Ternate Selatan, Kamis, 7 Juli 2022. 

Mantan Juru Bicara Gubernur Maluku Utara ini bilang, pelaksanaan Pesta Literasi berlangsung selama sepekan. Iven dalam upaya mendorong minat baca ini bakal dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, dan Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar. 

“Kami meminta agar ada dukungan dari semua pihak untuk kesuksesan pentas ini. Mengapa harus menteri desa, karena ada kaitannya dengan perpustakaan desa,” sebutnya. 

Muliadi menambahkan, pihaknya baru membentuk Bunda Baca di tingkat provinsi. Kegiatan yang merupakan rangkaian dari Pesta Literasi ini nantinya dibentuk bunda baca tingkat kabupaten kota lainnya di Maluku Utara. 

“Bunda baca di kabupaten kota di Maluku Utara bakal dukukuhkan. Kegiatan ini akan kita berkoordinasi dengan instansi terkait, mulai dari perguruan tinggi hingga perbankan,” ucapnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini