Dikbud Malut Gelar Rakor Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen SMA

Redaksi author photo

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Maluku Utara, Amiruddin saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen SMA.

TERNATE, BRN
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara menggelar Rapat Koordinasi Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah Menengah Atas tahun 2022, di Muara Hotel Ternate, Jumat malam, 22 Juli.

Hadir dalam kegiatan itu diantaranya kepala cabang dinas dan Ketua MKKS SMA kabupaten kota se-Provinsi Maluku Utara. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara, Imam Makhdy Hassan yang diwakili oleh Amiruddin sekalui Sekretaris Dikbud Maluku Utara mengatakan, rapat koordinasi ini dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia. Salah satunya melalui penguatan pengelolaan satuan pendidikan berdasarkan standar pendidikan nasional.

Amiruddin berharap rapat koordinasi ini menjadi momentum untuk mempercepat transformasi pendidikan yang berorientasi pada pengembangan mutu.

“Penguatan manajemen pengelolaan satuan pendidikan adalah upaya untuk mewujudkan peningkatan mutu pendidikan karena tanpa pengelolaan pendidikan akan dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas,” kata Amiruddin.

Amiruddin mengemukakan, penguatan manajemen pada satuan pendidikan harus dilakukan secara bertahap dan terencana. Perlu melibatkan seluruh komponen yang terdapat pada satuan pendidikan yang terintegrasi terhadap kelompok masyarakat dalam membentuk ekosistem pendidikan sampai ke seluruh sekolah.

“Supaya bergerak bersama berkolaborasi untuk mewujudkan pengelolaan yang sesuai dengan standar nasional pendidikan. Pemerintah Provinsi Maluku Utara berkomitmen mendukung dan mendorong penguatan manajemen satuan pendidikan  dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Maluku Utara. Tentu kami sangat menyadari bahwa pengembangan mutu pendidikan tidak terlaksana dengan baik tanpa adanya sinergitas dan komitmen  bersama semua pihak, baik pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten kota. Satuan pendidikan sebagai ujung tombak pelaksanaan pengembangan mutu pendidikan,” tuturnya.

Kepala sekolah, lanjut Amiruddin, memiliki peran penting mewujudkan pengelolaan satuan pendidikan yang baik dalam upaya percepatan peningkatan mutu pendidikan.

“Maju mundurnya pengelolaan pendidikan sangat ditentukan oleh kepimpinan kepala sekolah baik dalam kaitannya dengan aspek akademik maupun non akademik. Juga peran serta cabang dinas sebagai perwakilan Dinas Pendidikan di kabupaten kota dan juga peran MKKS untuk membangun suatu komunitas yang saling berkolaborasi antar satuan pendidikan,” ujarnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini