Bapenda Malut Luncurkan Aplikasi Pembayaran Pajak Online

publisher: BrindoNews.com author photo

Kepala Bapenda Maluku Utara, Zainab Alting.

TERNATE, BRN
- Badan Pendapatan Daerah atau Bappenda Provinsi Maluku Utara meluncurkan aplikasi non Tunai Pajak Kendaraan bermotor. 

Peluncuran platform yang dinamai E-Payment itu di Hotel Sahid Bela, Kelurahan Jati, Kota Ternate Selatan, Rabu, 13 Juli 2022.

Gubernur Maluku Utara yang diwakili Staf Ahli bidang Politik Hukum dan Ham, Abuhari Hamzah menjelaskan, E-Payment  atau sistem pembayaran online terintegrasi dalam pembayaran pajak daerah, khususnya pajak kendaraan bermotor merupakan sebuah model layanan baru yang diinisiasi oleh Bapenda Maluku Utara.

Inovasi E-payment  diharapkan memberikan kemudahan, kecepatan, dan keterjangkauan kepada masyarakat dalam pelayanan pembayaran pajak daerah khususnya pajak kendaraan bermotor.

Inovasi E-payment dirancang untuk melayani wajib pajak hingga lapisan masyarakat di pelosok. Berharap dengan sistem terintegrasi ini, target pencapaian pendapatan daerah melalui pajak semakin efisien dan mampu menutupi hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya penyimpangan.

“Poin utamanya adalah untuk mempermudah pelayanan secara efisiensi. Pemerintah provinsi akan terus berupaya mempermudah pelayanan kepada masyarakat, terutama keluhan terkait pembayaran pajak,” kata Abuhari, saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Abdul Gani Kasuba.

Kapolda Maluku Utara yang diwakili  Irwasda Kombes. Pol. Eko Trisnanto mengapresiasi  inovasi dimaksud. Ia mengatakan, adanya sistem pembayaran ini menjadi garda terdepan dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat serta dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Kepala Bapenda Maluku Utara, Zainab Alting menambahkan, adanya pembayaran pajak online ini mampu meningkatkan PAD dari sektor pajak daerah.

Selain peningkatan PAD, digitalisasi pelayanan dan transaksi pemerintah daerah dapat memberikan kemudahan dan percepatan pelayanan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 yang cenderung mengalami perubahan dalam pola interaksi dan pola transaksi.

“Tujuan dibukanya pembayaran E-Payment ini adalah untuk memberikan pilihan kepada wajib pajak dalam melakukan transaksi pembayaran,” ucapnya. (red/adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini