Akademisi Sarankan Kejari Periksa Ketua Panitia Haornas

Redaksi author photo

Lampiran Keputusan Wali Kota Ternate tentang panitia hari puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2018.

TERNATE, BRN
- Penanggung jawab penggunaan anggaran Haornas di Kota Ternate diketahui sudah. Kejaksaan Negeri Ternate, selaku lembaga hukum yang menengani kasus tersebut disarankan secepatnya memerika M. Tauhid Soleman. 

Akademisi Universitas Pasifik Morotai, Suryadi Abdullah mengemukakan, pemeriksaan terhdap M. Tauhid Soleman dianggap penting. Apalagi yang mantan Sekretaris Daerah Kota Ternate itu selaku ketua panitia kegiatan.

“Periksa Wali Kota Ternate itu hukumnya wajib oleh Kejaksaan Negeri Ternate, agar supaya kasus ini dapat diketahui publik Maluku Utara,” katanya, Kamis 28 Juli.

Berdasarkan SK panitia, lanjut Suryadi, Tauhid memiliki kewenangan penuh atas penggunaan anggaran. Dalam SK juga menyebutkan bahwa kepanitian bertanggung jawab menyelenggaran acara puncak Haornas di Kota Ternate tahun 2018 dan segala biaya dibebankan melalui APBD Kota Ternate tahun 2018.

“Yang jelas segala bentuk kinerja dan atau beban didalamnya akan dipertanggungjawakab oleh ketua panitia sebagai penanggungjawab. Persoalan teknis penganggaran menjadi keputusan pemerintah melalui TAPD yaitu Sekda Kota Ternate yang juga ditunjuk sebagai ketua panitia. Dengan demikian, sudah jelas bahwa alur rencana dan pelaksanaan kegiatan Haornas 2018 atas sepengetahuan Ketua TAPD dalam hal ini sekretaris daerah,” ujarnya.

Kendati anggaran pelaksanaannya dititipkan atau melekat di dinas pemuda dan olahraga, penggunaan semua biaya dapat diketahui pelaksana kegiatan melalui arahan ketua panitia.

“Jadi ketua panitia memiliki tanggungjawab penuh atas masalah ini. Sangat mustahil jika pencairan dan pelaksanaan kegiatan harus melalui koordinasi dengan ketua panitia,” ucap Suryadi. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini