30 Rekomendasi Pansus LKPJ yang Harus Ditindaklanjuti Bupati Ubaid

Redaksi author photo

Ubaid Yakub.

HALTIM, BRN
- Panitia Khusus LKPJ 2021 DPRD Kabupaten Halmahera Timur menemukan beberapa permasalahan kinerja OPD yang dianggap krusial. Catatan temuan para wakil rakyat itu sifatnya wajib ditindaklanjuti Bupati Ubaid Yakub. 

Ketua Panitia Khusus (Pansus) LKPJ 2021 DPRD Halmahera Timur, Mursid Amalan mengatakan, sebanyak 30 poin rekomendasi. Hasil ini merupakan temuan investigatif terhadap realisasi program SKPD. 

Mursid mengemukakan, temuan progres pekerjaan tahun pertama kepemimpinan Bupati Ubaid Yakub dan Wakilnya Anjas Taher itu dipicu oleh kurangnya realisasi anggaran masing-masing OPD. 

“Ini hasil investigatif dan pengkajian kami, dengan mempertimbangkan segala masukan dari berbagai pihak. Rekomendasi ini kami harap Bupati dan jajaranya memandang positif terhadap saran dan masukan DPRD. Kebetulan ini merupakan evaluasi tahun pertama kepemimpinan bupati dan wakil bupati, kami harap Bupati dan jajaranya secepatnya menindaklanjuti dan DPRD akan tetap melakukan pengawasan atas hasil tindaklanjuti,” kata Mursid, Selasa 12 Juli 2022.

Politikus PKPI itu menambahkan, rekomendasi Pansus LKPJ tersebut merupakan implementasi ketentuan Pasal 71 dan 74 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. 

Juga Peraturan pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelengaraan Pemerintahan Daerah. Acuan lainya yaitu laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah kepada DPRD, ditambah laporan penyelengaraan pemerintahan daerah kepada masyarakat.

“Secara substantif, saran dan rekomendasi Pansus DPRD ini merupakan check and balance dalam pelaksanaan pemerintahan. Kami harap bisa menindaklanjuti remkomendasi pansus DPRD,” ucapnya.

Infografis 30 poin rekomendasi Pansus LKPJ 2021 DPRD Halmahera Timur. Setiap poin diambil secara garis besar.

 

(mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini