Realisasi Program Ubaid-Anjas Baru 25 Persen

publisher: BrindoNews.com author photo

Ricky CH. Richfat.

HALTIM, BRN
- Realisasi program Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur belum tereksekusi sepenuhnya. Padahal, kepemimpinan Ubaid Yakub dan Anjas Taher selaku bupati dan wakil bupati hampir memasuki dua tahun. 

Sekertaris Daerah Halmahera Timur, Ricky CH. Richfat mengatakan realisasi visi misi dan program kerja Pemerintahan Ubaid-Anjas di tiap-tiap satuan perangkat kerja daerah pada tahun kedua belum sepenuhnya maksimal. Progres kegiatan semester pertama rata-rata baru 20 sampai 25 persen.

“Ini masih termasuk renda, tapi sedikit normal karena memang menerima anggaran DAK sedikit besar,” kata Ricky, begitu disembangi Media Brindo Grup (MBG) di Kantor Bupati Halmahera Timur, Senin 13 Juni 2022.

Ketua TAPD Halmahera Timur ini mengemukakan, kucuran dana alokasi khusus atau DAK di dua SKPD mampu menggenjot grafik program kegiatan sedikit signifikan alias meningkat. Dua SKPD penerima DAK terbesar ini yaitu PUPR dan dinas perkim.

“Pemerintah daerah menargetkan DAK tahap satu 2022 mulai masuk pada Juli mendatang. Target itu dipercepat sehingga realisasi semua program kegiatan fisik maupun non fisik SKPD berjalan keseluruhan. Targetnya minggu kedua bulan Juni ini sudah masuk DAK tahap I, tapi biasanya sedikit terlambat. Namun di tahap kedua dan tiga pasti sudah mulai lancar,” terangnya.

Penyerahan DAK lanjut Ricky, belum sepenuhnya signifikan. Ini disebabkan rata-rata SKPD penerima DAK sedikit terlambat me-review dokumen.

“Penyerapan DAK belum signifikan, karena terakhir minggu ini dan baru empat SKPD penerima DAK yaitu Pertanian, Perikanan, Disperindag dan Nakertrans yang sudah selesai review dokumen. Kalau sudah selesai sudah mulai siap tender pengolahan DAK. Kalau sudah siap tender lalu pemenangnya sudah ada kemudian diapload ke Waspam baru dana DAK tahap I masuk,” jelasnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini