PPIHD Malut Gelar Apel Siaga Sambut Kedatangan JCH

publisher: BrindoNews.com author photo

Samsuddin A. Kadir mengecek kesiapan para petugas haji.

SOFIFI, BRN
- Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah atau PPIHD Provinsi Maluku Utara melaksanakan apel siaga di halaman Asrama Haji Transit Kota Ternate di Kelurahan Ngade, Kota Ternate Selatan, Rabu, 22 Juni 2022. 

Apel untuk memastikan kesiapan menyambut kedatangan dan memberikan pelayanan terhadap jamaah calon haji Provinsi Maluku Utara ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir.

 

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir mengatakan, pelaksanan apel siaga diikuti anggota PPIHD, aparat keamanan dari Polres Ternate, Satpol PP dan Komisi IV DPRD Maluku Utara. Juga lintas sektor terkait.

“Peran penting mereka dalam pelaksanaan pelayanan jamaah calon haji (JCH) nanti diharapkan dapat memberikan pelayanan dengan maksimal terhadap para JCH. Karena nantinya yang berhadapan langsung di lapangan adalah para petugas haji dengan demikian hendaknya dapat memberikan pelayanan dengan baik-baiknya. Melalui apel ini, saya berharap agar para petugas dalam memberikan pelayanan kepada JCH dapat mengkonfirmasi atau berkomunikasi dengan baik, sehingga para JCH mendapat kenyamanan dalam melaksanakan ibadah haji,” harap Samsuddin saat memberikan arahan.

Kepada keluarga JCH, sambung Samsuddin, diharapkan mematuhi dan mengikuti protap. Petugas haji diharapkan dapat memberikan pemahaman yang baik sehingga tidak terjadi masalah.

“Petugas haji yang tergabung dalam PPIHD Maluku Utara juga dipesankan agar dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tugas dan tanggung jawab dengan baik, sehingga pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan baik,” katanya.

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan ibadah haji dalam dua tahun terakhir terlaksana. Rukun Islam yang kelima ini baru terlaksana di tahun 2022 setelah Pemerintah Arab Aaudi membuka kembali layanan ibadah haji.

“Dan untuk Indonesia memperoleh jatah 1 juta JCH. Khusus Provinsi Maluku Utara sejumlah 489 JCH ditambah 2 petugas haji yang dibagi dalam 2 kloter yaitu 11 dan 12 Embarkasi Makassar,” katanya.

Sarbin menambahkan, 23 dan 24 Juni pekan ini CJH dari kabupaten kota di Maluku Utara mulai masuk di Asrama Haji Transit Ternate di Kelurahan Ngade untuk di karantina sebelum berangkat.

“25 dan 26 Juni 2022 mereka menuju Embarkasi Makassar. Sehingga selama JCH berada di asrama haji pengamanan harus benar-benar steril. Mereka juga dites PCR, dan apabila ada yang terkonfirmasi maka yang bersangkutan tidak dapat diberangkatkan. Mereka harus benar-benar jaga kondisi kesehatan,” ucapnya. (BiroAdpim/red/av)

 

Share:
Komentar

Berita Terkini