Peringati Hari Lingkungan Sedunia, PERHAPI Malut Tanam Ratusan Pohon di Ternate

publisher: BrindoNews.com author photo

Penanaman bibit pohon di halaman Benteng Orange Ternate.

TERNATE, BRN
- Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia atau PERHAPI Provinsi Maluku Utara menyelenggaran acara penanaman pohon di halaman Benteng Orange dan kawasan galian C di Kelurahan Kalumata, Kota Ternate Selatan, Minggu, 5 Juni 2022. 

Sejumlah 200 bibit pohon yang ditanam itu dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Sedunia yang diperingati setiap 6 Juni. Kegiatan ini mengusung tema Gotong Royong Go Green.

Ketua PERHAPI Maluku Utara, Muhammad Qadafi mengatakan, kegitan bertajuk Gotong Royong Go Green bertujuan mengajak seluruh pemangku kebijakan, stakeholder, dan masyarakat untuk berpatisipasi aktif dalam menjaga lingkungan. Tujuan lainnya yaitu melindungi lingkungan dari sektor pertambangan yang tidak ramah lingkungan.

“Terutama sektor tambang di Maluku Utara, dan khususnya di Kota Ternate. Karena kita lihat lingkungan yang ada di Kota Ternate ini sudah terancam kelestariannya, contohnya di daerah Galian C, Kelurahan kalumata. Agar di lokasi ini tetap lestari, ya harus kita perhatikan dengan cara menanam pohon agar lingkungan itu bisa terjaga,” ucapnya.

Qadafi menyebutkan, penanaman bibit pohon yang dilakukan itu komitmen PERHAPI Maluku Utara dalam setiap Hari Lingkungan Hidup Nasional maupun Sedunia.

“Sekarang kita lebih konsentrasi pada sektor pertambangan agar fokus terhadap lingkungan. Perhapi Maluku Utara juga akan membuat kegiatan temu alumni pertambangan dan kuliah tamu yang membahas isu-isu lingkungan untuk menambah wawasan sektor pertambangan kepada stakeholder, terutama mahasiswa,” tambahnya.

Wakil Ketua PERHAPI Maluku Utara, Almun Madi menambahkan, penanaman pohon tersebut dilakukan serempak di beberapa daerah pertambangan di Maluku Utara.

“Ini bentuk perhatian kita menyikapi lingkungan,” ucapnya.

Sekertaris PERHAPI Maluku Utara, Mulis Ibrahim mengatakan, penanaman bibit pohon setiap 5 Juni tahun berjalan sudah menjadi agenda rutin PERHAPI.

“Ini adalah semangat PERHAPI untuk terus memberikan inspirasi kepada semua sektor, baik itu pertambangan dan lainnya. Namun yang paling penting adalah kita menjaga keberlangsungan lingkungan. PERHAPI juga tidak akan mengabaikan kondisi lingkungan di Maluku Utara,” sambungnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini