Pemkot Ternate Matangkan Syarat Geowisata Batu Angus Jadi Geopark Nasional

publisher: BrindoNews.com author photo

Kepala Pengembangan dan Pengelolaan Geowisata Batu Angus Kota Ternate, Rizal Marsaoly.

TERNATE, BRN
- Ikatan Ahli Geologi Indonesia-Masyarakat Geologi atau IAGI-MAGI, dan Bappenas bersama Bappelitbangda Kota Ternate, menggelar gelar Seminar Nasional dalam rangka mendukung Geowisata Batu Angus Kota Ternate menjadi Geopark Nasional. 

Seminar virtual bertajuk Tata Kelola Geowisata Untuk Mendukung Aspiring Geopark Ternate ini dilaksanakan di Villa Ria, Kelurahan Sasa, Kota Ternate Selatan, Senin malam, 20 Juni 2022.

 

Kepala Pengembangan dan Pengelolaan Geowisata Batu Angus Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, seminar tersebut merupakan bagian dari syarat mengusulkan Geowisata Batu Angus menjadi Geopark Nasional.

“Semua tahapan kelengkapan dokumen Pemerintah Kota Ternate sudah sampaikan, dan warisan geologi sudah tercatat ke aspiring. Maksud seminar ini hanya ingin mendapatkan legitimasi dari Prof. Mega seperti Koord Sekretariat RAN Geopark Bappenas Dr. Togu Pardede, Ketua MAGI - IAGI Dr. Heryadi Rachmat, Akademisi/IAGI Maluku Utara, Abdul Kadir D. Arif guna memperkuat data-data dan dokumen,” ucap Rizal.

 

Rizal menyebut Pemerintah Kota Ternate bakal menyiapkan sekretariat badan pengelola sebagai domain Geopark Nasional. Apabila terealisasi, akan memudahkan sinergi sampai ke level daerah guna mendorong geowisata Batu Angus menjadi Geopark Nasional.

“Sekretariat rencananya bertempat di bappelitbangda. Jika diuji faktual, maka kita bisa mendorong geopark melalui UNESCO, dan memang ini menjadi jangka panjang kedepan. Kenapa harus geopark?, karena kita ingin mencari sumber-sumber pendapatan baru,” sebutnya.

 

Rizal mengemukakan, pengembangan Geopark Nasional, nantinya dirancang dengan tiga pilar, yaitu edukasi, konservasi dan pemulihan ekonomi. Ketiga pilar ini selanjutnya di desain guna mendorong tiga kekuatan yakni geo devars city, bay devars city dan cultur devars city yang nantinya dikemas dalam bingkai Geopark Ternate sebagai Pulau Gunung Api.

“Ada branding tersendiri untuk didorong sebagai Pulau Gunung Api, dengan warisan geologi yang punyai nilai tinggi. Tinggal bagaimana pemkot bersama dengan stakeholder lain untuk bisa mencapai predikat Geopark Nasional. Jika sudah mencapai Predikat Geopark Nasional, maka ada kekuatan anggaran yang difasilitasi oleh Kementerian SDM guna menjaga kelestarian warisan geologi  dan konservasi, yang anggarannya bisa mencapai miliar bahkan Triliun, dan itu memang komitmen dari UNESCO,” ujarnya. (ham/red)

 

Share:
Komentar

Berita Terkini