Kembalikan Fungsi Ruang, Stan Pameran HUT Halmahera Timur Dibongkar

Redaksi author photo

Deretan stan pameran di Taman Woyo Gula, Kota Maba, mulai dibongkar.

HALTIM, BRN
– Keberadaan stan pameran kuliner dan produk lokal di lokasi perayaan HUT ke-19 tahun Kabupaten Halmahera Timur, satu per satu mulai dibongkar. 

Deretan stan-stan di Taman Woyo Gula, Kota Maba, yang sebelumnya diharapkan dapat dimanfaatkan lebih lanjut para pelaku UMKM justru berbalik.

Alasan dibongkarnya stan non permanen itu untuk mengembalikan lokasi utama perayaan HUT Kabupaten Halmahera ini ke fungsi sebenarnya, yaitu kawasan pemerintah. Faktor penyebab inilah stan ekspo yang ditaksir menghabiskan belasan hingga puluhan juta rupiah itu dibongkar.

Pengamatan brindonews.com di Taman Woyo Gula, Kota Maba, pembongkaran stan permanen yang terbuat dari bambu itu berlangsung sejak Jumat pagi, 3 Juni 2022. Material stan lalu diangkut mengunakan mobil pickup.

Pembogkaran stan pameran di Taman Woyo Gula, Kota Maba.

Asisten Bupati Halmahera Timur, Hi. Harun Fabanyo menjelaskan, Taman Woyo Gula, Kota Moba, tidak masuk dalam perencanaan zona ekonomi terpadu. Kawasan ini manjadi pusat pemerintahan sebagaimana pemanfataan tata ruang Halmahera Timur.

“Taman Woyo Gula masuk detail wilayah tata ruang daerah sehingga stan pameran terpaksa dibongkar. Jadi, ada pertimbangan sesuai rencana detail wilayah tata ruang bahwa, di pusat pemerintahan tidak ada bangunan lain terkecuali perkantoran. Itu alasannya sehingga stan pameran dibongkar setelah perayaan HUT,” terang Hi. Harun, ketika ditemui brindonews di lokasi Taman Woyo Gula Jum’at pagi, 3 Juni 2022.

Hi. Harun menyebutkan tidak ada alasan stan pameran HUT dipertahankan, apalagi dimanfaatkan untuk kepentingan pengembangan usaha bagi pelaku UMKM di Halmahera Timur. 

“Sebetulnya keinginan banyak orang kaya begitu (menjadikan sebegai ekonomi kreatif UMKM), tapi karena berbenturan makanya tidak bisa, karena dari sisi kajian dianggap bertabrakan dengan wilayah tata ruang daerah. Kalau tidak dibongkar maka akan menimbulkan hal-hal lain, misalnya tempat minum-minuman keras dan sebagainya. Supaya tidak ada itu, alangkah baiknya dibongkar,” tambahnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini