Gubernur Maluku Utara Hadiri Pelantikan Wali Kota Ternate Sebagai Ketua PW KBPII

Redaksi author photo

Foto bersama usai pelantikan.

Gubernur Provinsi Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, diwakili Asisten III bidang Administrasi Umum Asrul Gailea, menghadiri Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus Wilayah Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (PW KBPII) Provinsi Maluku Utara Tahun 2022 di Muara Hotel Ternate, Minggu, 12 Juni 2022.

Pelantikan juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy.

Kegiatan diawali dengan acara pelantikan Pengurus Wilayah KBPII oleh Ketua Umum Pengurus Pusat KBPII, Nasrullah Larada. Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan PP KBPII Nomor 232/KEP/IV/2022 tertanggal 1 April 2022. Keputusan ini menetapkan M. Tauhid Soleman sebagai Ketua Umum dan Muhammad Ar Husen selaku Sekretaris Umum.

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba yang dibacakan Asisten III Gubernur Maluku Utara bidang Administrasi Umum, Asrul Gailea, mengatakan bahwa Pelajar Islam Indonesia (PII) adalah gerakan pendidikan, kebudayaan dan dakwah Islam.

Sebagai konsekuensinya, PII harus selalu peduli terhadap masalah-masalah berkenan dengan tiga bidang yaitu pendidikan, kebudayaan dan dakwah Islam.

“PII adalah organisasi yang bergerak dalam dunia pendidikan, kebudayaan dan dakwah Islam telah memberikan banyak manfaat dan peranan penting berkaitan dengan keterbatasan negara dan modernisasi pendidikan Islam di Indonesia yang dituangkan dalam kaderisasinya. Sebagai provinsi yang mayoritas penduduknya beragama Islam, tentunya kita berharap penguatan pengetahuan tentang syariat Islam kepada anak-anak kita menjadi sebuah tanggungjawab besar,” ucap Gubernur.

Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi berbasis digitalisasi, lanjut Asrul, banyak pengetahuan tentang Islam didapat melalui pesan dakwah pendek yang tersebar media sosial.

Pesan-pesan seperti ini juga dilihat dan diamati anak-anak melalui handphone. Namun demikian, patut kita berikhtiar atas pemahaman mereka terhadap pesan pendek.

“Oleh Karena itu, pada momentum pelantikan pengurus KB PII Maluku Utara, saya meminta kepada Ketua Umum KB PII besarta badan pengurus yang telah dilantik pada hari ini, agar terus melakukan kegiatan kaderisasi melalui training dasar kepada anggotanya dan setiap pelajar islam yang dilibatkan,” sebutnya.

Asrul menambahkan, Gubernur berharap aktivitas Pengurus Wilayah KBPII serta semua pihak terkait menyadari, merespon, mempertahankan dan terus berupaya mengembangkan pengetahuan  pelajar Indonesia, khususnya PII di Maluku Utara terhadap modernisasi pendidikan Islam dengan baik dan arif.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy menyampaikan, KBPII harus mampu tampil sebagai pelopor kemajuan dan kebersamaan antar warga bangsa.

KBPII menghimpun kaum terpelajar yang telah dibekali oleh spirit Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Spirit demikian harus mewarnai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila.

“Secara Sunatullah, bagaimanapun kita hidup di negara majemuk, di mana satu sama lain harus dapat bekerjasama dengan baik dalam membangun bangsa. Para anggota PII dan KB PII sendiri pun mencerminkan kemajemukan itu, mengingat anggotanya yang tersebar di seluruh Indonesia. Karena itulah, KB PII harus senantiasa berwatak inklusif, menggelorakan kemajuan dalam peran-peran keumatan dalam bingkai kebangsaan. Sebagai bagian dari bangsa yang religius (ber-Ketuhanan Yang Mahas Esa), KB PII melalui perkaderan dan segenap kegiatan yang dikembangkannya merefleksikan implementasi Islam yang rahmatan lil ‘alami,” terangnya. (red/adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini