DPRD Sarankan Pemerintah Prioritaskan Dana Afirmasi Kemendes di Maba Utara

publisher: BrindoNews.com author photo

Bahmit Djafar.

HALTIM, BRN
- Kabupaten Halmahera Timur mendapat kucuran dana alokasi khusus afirmasi lebih dari Rp10 miliar. Komisi II DPRD setempat mengharapkan bantuan biaya tersebut bisa memfasilitasi infarastruktur jalan dan jembatan, khususnya di satuan pemukiman transmigrasi di Kecamatan Maba Utara. 

Sekertaris Komisi II DPRD Halmahera Timur, Bahmit Djafar mengatakan, pemanfaatan suntikkan bantuan DAK Afirmasi dari Kemendes PDTT harus betul-betul mengutamakan kebutuhan dasar warga, terutama di empat transmigrasi di Maba Utara.

“Memanfaatkan bantuan dana afirmasi dari Kemendes PDTT harus tepat sasaran. Ini bertujuan agar bisa bernilai positif bagi warga di satuan pemukiman transmigrasi di Kecamatan Maba Utara. Salah satunya yang harus diprioritaskan adalah akses jalan,” ucap Bahmit, Senin, 6 Juni 2022.

Bahmit mengemukakan, bantuan dana afirmasi Rp 10 miliar lebih bisa menjawab masalah di empat transmigrasi. Satu diantaranya adalah akses jalan penghubung antar transmigrasi dan jalan masing-masing per blok.

"Dari total bantuan dana, kami sarankan supaya pemerintah lebih prioritaskan pembangunan jalan dan jembatan penghubung antara transmigrasi. Dan jalan per blok di empat transmigrasi di Maba Utara, saya pikir itu sangat penting,” sebutnya.

Bahmit menyebutkan, konektivitas antar transmigrasi di Maba Utara menjadi ihwal krusial dan perlu mendapat perhatian pemerintah daerah. Selain memperlancar aktivitas, juga mendorong produksi ekonomi warga transmigrasi.

“Kami berkesimpulan begitu. Juga mendorong perekonomian warga transmigrasi. Walaupun petunjuk penggunaan teknis anggaran ada di dinas teknis. Tapi minimal dinas teknis harus mampuh memahami kebutuhan warga sehingga pemanfaatan anggaran bisa tepat sasaran,” jelasnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini