Pedagang Pakaian Kota Baru Ternate Tagih Janji Pemerintah

publisher: BrindoNews.com author photo

Para pedagang terlihat mulai mengosongkan tempat jualan. Mereka mem-packing barang dagangan mereka untuk diamakan ke tempat sementara.

TERNATE, BRN
- Sejumlah pedagang pakaian mendatangi Dinas Perindustrian dan Perdagangan atau Disperindag Kota Ternate, di Jalan Sultan M. Djabir Shah, Keluarahan Makassar Timur, Kota Ternate Tengah, Jumat, 13 Mei. 

Kedatangan para pedagang yang direlokasi dari Pasar Kota Baru itu menagih tempat dagangan mereka di Pasar Sabi-Sabi yang sebelumnya dijanjikan Pemerintah Kota Ternate. Para pedagang ini datang karena tidak mendapatkan tempat berjualan di Pasar Sabi-Sabi lantaran sudah ditempati pedagang lain.

Salah satu pedagang yang turut datang di Disperindag Kota Ternate, Sumarwan Aspan menyebutkan, pemindahan pedagang dari Pasar Kota Baru ke Pasar Sabi-Sabi Gamalama sudah ada kesepatakan antara pedagang dan pemerintah kota. Pedagang siap membongkar lapak dan pindah di lokasi relokasi.

“Kami dan pemerintah sudah menyepakati. Namun setelah sampai di Pasar Sabi-Sabi sudah ada pedagang yang tempati lapak dari awal,” katanya.

Awalnya lapak yang dijanjikan belum ditempati, hanya saja tempat itu sebelumnya sudah dikontrak yang bukan dari pedagangan di Pasar Kota Baru. Sumarwan menilai, pembagian yang tidak merata semacam ini bisa saja memicu perkelahian antar pedagang.

“itu sama saja kita rampas hak mereka. Disperindag janji nantinya menentukan tempat baru buat kami, namun belum ada keputusan sampai sekarang. Sebagian dari kami yang pindah sudah dapat tempat, sebagiannya lagi belum,” ucapnya. 

Balik ke Tempat Semula 

Sumarwan menambahkan, tempat atau lapak yang nantinya digunakan jualan tersebut bakal dipenuhi oleh pemerintah. Disperindag berjanji menyedikan semuanya untuk pedagang yang direlokasi.

“Mana hak kami yang mereka janjikan?, sudah satu pekan ini kami tidak jualan. Jika Pemkot tidak mampu sediakan, kami bakal balik lagi di Pasar Kota Baru dan berjualan di sana,” sambungnya.

Pelaksana Tugas Kepala Disperindag Kota Ternate, Muclis Djumadil sebelumnya mengatakan, Pasar Sabi-Sabi mampu menampung 240 pedagang yang dipindahkan. Nyatanya, sebagian lapak di pasar tersebut sudah dikontrak pedagang lain. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini