PD Pemuda Muhammadiyah Halmahera Timur Panen Jagung Musim Tanam Pertama

Redaksi author photo

Panen raya Jagung di lahan garapan Pemuda Muhammadiyah Hamahera Timur.

HALTIM, BRN - Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah Halmahera Timur, memanen Jagung di lahan garapan milik pemuda muhammdiyah yang berlokasi di Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, Sabtu, 15 Mei.

Panen raya Jagung untuk musim tanam pertama tanaman pangan penghasil karbohidrat dengan nama latin Zea mays itu secara simbolis dilakukan oleh Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub, Kepala Dinas Pertanian Halmahera Timur, Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Maluku Utara, Faujan A. Pinang. 

Sukri Abdullah selaku Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Halmahera Timur, dan perwakilan PD Muhammadiyah Halmahera Timur serta beberapa stakeholder terkait lainnya turut ikut dalam panen raya tersebut.

Bupati Ubaid mengapresiasi para pemuda muhammadiyah setempat yang sukses menjalankan program organisasi di bidang pertanian. Apalagi keberhasilan ini bertepatan dengan Milad ke-90 Pemuda Muhammadiyah. 

Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub menyebutkan panen Jagung yang dilakukannya adalah sebuah keistimewaan dari pemuda muhammadiyah.

“Pemuda Muhammadiyah telah berkontribusi besar dengan melihat keberlanjutan dan keberlangsungan masyarakat di Kabupaten Halmahera Timur, salah satunya adalah memberikan sugesti bahwa hidup ini harus banyak hal yang dilakukan. Mudah-mudahan, hari ini jagung besok mungkin tanaman lain dan seterusnya. Itulah pemuda tidak hanya berselancar di dunia yang implementatif. Apa yang dilakukan Pemuda Muhammadiyah hari ini langsung dinikmati masyarakat, kita di stakeholder lain membutuhkan waktu yang lama,” ucapnya.

Ubaid Yakub (topi biru) dan Faujang A. Pinang menikamati jagung bakar usai memanen.

Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Provinsi Maluku Utara, Faujan A. Pinang mengatakan, program di bidang pertanian dengan melibatkan para pemuda itu merupakan program yang serupa di beberapa PD Pemuda Muhammadiyah di kabupaten kota.

Faujan berharap program semacam ini terus dilanjutkan di semua PD Pemuda Muhammadiyah di Maluku Utara.

“Saat ini pasar untuk hasil pertanian di Maluku Utara sudah terbuka lebar, tidak seperti beberapa tahun lalu. Ini dibuktikan dengan pendapatan petani terus meningkat dan banyak orang mulai cenderung bertani. Hasil pertanian saat ini sangat menjanjikan, karena jumlah penduduk Maluku Utara terus meningkat dengan adanya berbagai perusahaan pertambangan, maka kebutuhan juga meningkat,” tambahnya.

Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Halmahera Timur, Sukri Abdullah mengatakan, panen jagung yang dilakukan bagian dari memeriahkan Milad ke-90 Pemuda Muhammadiyah pada  2 Mei 2022 kemarin. Juga untuk dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Halmahera Timur yang ke-19 tahun.

“Lahan yang digarap ini luas lebih dari satu hektare, dan semuanya ditanami Jagung. Alhamdulillah hari ini kita sudah bisa petik hasilnya. Kebun garapan ini kedepannya kami terus dikembangkan dan nantinya melibatkan masyarakat sekitar,” sebutnya. 

Sukri bilang, usai panen raya ini, pihaknya beralih menanam buah-buahan dan sebagian lagi tanaman horikultura. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini