Menteri Bintang Launching Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Tidore

publisher: BrindoNews.com author photo

Menteri Bintang Puspayoga (keempat dari kiri) saat hentakkan Bambu Tada dalam acara launching DRPPA di Pantai Tugulufa Tidore.

TIDORE, BRN
- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, meresmikan Empat desa di Pulau Maitara, Tidore Kepulauan sebagai Model Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak atau DRPPA. Acara launching dilangsungkan di Pantai Tugulufa Tidore. 

Menteri Bintang mengharapakan, acara yang ditandai dengan hentakan Bambu Tada ini tidak sebatas seremoni. Butuh komitmen dan action agar betul-betul diimplementasikan di lapangan dan bisa direplikasi.

Bintang mengatakan, perempuan dan anak merupakan SDM sangat penting dan wajib di lindungi serta diberdayakan. Terdapat 49,48 persen perempuan dan anak-anak mengisi 30,1 persen dari populasi Indonesia 278.752.361 jiwa.

Kerja pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak perlu gerakan bersama. Tidak bisa hanya dikerjakan oleh pemerintah pusat, harus ada sinergi dan kolaborasi lintas stekholder.

“Ini sangat penting,” sebutnya.

Di Maluku Utara, lanjut Bintang, terdapat 10 desa yang dicanangkan menjadi DRPPA, yaitu Empat desa di Pulau Maitara, Desa Kou dan Wailau di Kepulauan Sula, Desa Bibinoi di Halmahera Selatan, Desa Gosoma di Halmahera Utara dan Desa Yayasan di Pulau Morotai.

Pencanangan DRPPA berdasarkan 10 indikator dan perlu diitervensi selain dari Lima arahan Presiden Jokowi. Diantaranya pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan berperspektif gender; peranan ibu dalam mengasuh dan pendidikan anak; penurunan angka kekerasan perempuan dan anak.

Kemudian ada penurunan pekerjaan anak, termasuk pencegahan perkawinan anak; partisipasi desa dalam peningkatan perempuan; dan pembentukan kelompok-kelompok pemberdayaan perempuan.

“Kita di Kementerian PPPA sudah memulai sejak tahun 2016,” sambungnya.

Pengamatan brindonews di lokasi acara, tampak hadir Wakil Gubernur Maluku Utara, Wali Kota Tidore Kepulauan, dan Wali Kota Ternate. Turut hadir yaitu Wakil Bupati Halmahera Selatan, Deputi Kementerian PPPA, Ketua Penggerak PKK dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Maluku Utara. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini