32 dari 60 JCH Asal Halmahera Timur Batal Berangkat Haji

publisher: BrindoNews.com author photo

Aminuddin.

HALTIM, BRN
- Sebanyak 32 jamaah calon haji atau JCH asal Kabupaten Halmahera Timur batal berangkat ke tanah suci tahun ini. Faktor usia menjadi salah satu  penyebab mengapa mereka tak jadi diberangkatkan naik haji oleh Kementerian Agama dan Pemerintah Halmahera Timur. 

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Timur, Aminuddin menyatakan, JCH asal Halmahera Timur yang nantinya diberangkatkan pada musim haji 2022 sejumlah 28 orang. Jumlah berkurang setelah 32 dari total 60 pendaftar terkonfirmasi sudah lanjut usia.

28 JCH ini siap diberangkatkan, dan rencananya mengikuti manasik haji yang dijadwalkan pada 23 sampai 24 Mei. Pembuatan paspor maupun pemeriksaan kesehatan pun sudah selesai. Sementara mereka yang batal diberangkatkan ini sesuai Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 434 tentang batas usia JCH, plus ketentuan Pemerintah Arab Saudi.

“32 orang ini sudah lanjut usia. KMA ini berdasarkan ketentuan dari Pemerintah Arab Saudi tentang situasi Covid-19. Apalagi JCH lanjut usia kan usia rentan,” kata Aminuddin, begitu di temui awak media di Kantor Kemenag Halmahera Timur, Selasa, 17 Mei 2022.

Aminuddin menyebutkan, JCH kategori lansia berpeluang diberangkat pada musim haji 2023 mendatang. Itupun, lanjut Amiruddin, apabila ada perubahan menyangkut pembatasan usia yang disesuaikan dengan kondisi Covid-19 secara nasional.

“Ini perdana pasca Covid-19. Ini istilah uji coba naik haji dari Pemerintah Arab Saudi. Mudah-mudahan tahun akan datang sudah tidak ada lagi pembatasan, sehingga 32 orang yang belum bisa berangkat dapat diberangkatkan dengan kesiapan paspor mereka,” katanya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini