Program Fisik Ubaid-Anjas Ditargetkan Mulai Action pada Juni Mendatang

Redaksi author photo

Bupati Halmahera Timur, Ubaid Yakub.

HALTIM, BRN
- Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Halmahera Timur bakal memulai program fisik pada Juni 2022 nanti. Ini terlaksana apabila prores pelelangan item kegiatan infrastruktur selesai tepat waktu. 

Bupati Halmahera Timur, Ubaid Yakub mengatakan, paket-paket kegiatan fisik yang didanai APBD 2022 belum selesai di lelang. Batas waktu pelelangan hingga Juni 2022.

Program fisik maupun pengadaan barang dan jasa masing-masing OPD rampung disusun dan diinput ke sistem Rencana Umum Pengadaan atau RUP.

“Itu artinya semua kegiatan praktis siap dilaksanakan. Kegiatan yang sifatnya fisik dimulai dengan proses pelelangan perencanaan. Menurut  penjelasan Kabag ULP, bahwa lelang sudah dimulai Maret kemarin, jangka waktunya 45 hari. Maka pengumuman pemenang lelang bakal diumumkan pada pertengahan bulan (April 2022) ini,” kata Bupati Ubaid, ketika disembangi Media Brindo Grup (MBG) di kantor bupati setempat, Senin 11 April 2022.

Ubaid menyatakan, apabila proses pelelangan tak ada protes (sanggahan) dari pihak rekanan, tentunya mempercepat lelang sesuai dedline waktu 45 hari.

“Maka bisa diperkirakan pekerjaan di mulai Juni mendatang. Kami ambil waktu maksimal, kalau bukan Juni berarti Juli sudah mulai pekerjaan dan semua kegiatan fisik sudah bisa berjalan. Saya sudah perintahkan kepada pihak inspektorat, ketika pekerjaan sudah mulai pengawasan dari APIP dan Inspektorat sehingga kegiatan betul-betul dilaksanakan,” terangnya.

Paket yang sedang dilelang dan bakal dikerjakan, kata Ubaid, salah satunya jembatan di Sungai Waisango Kecamatan Maba Utara. Kemudian peningkatan ruas jalan dari Sungai Waisango menuju Gunung Jagung, termasuk perbaikan jalan menuju Desa Lolasita. 

Lalu ada jembatan di Sungai Mabulan, peningkatan ruas jalan Desa Labi-labi ke Desa Bololo di Kecamatan Wasile Utara. sedangkan di Kecamatan Maba Selatan yaitu peningkatan hotmix jalan pertigaan Gotowasi-Bicoli menuju Desa Sil.

Kepala ULP Halmahera Timur, Awaludin Tajuddin menambahkan, kegiatan perencanaan yang tengah dinput ke RUP itu nantinya dilelang pasca Ramadhan 1443 H.

“Kami koordinasikan dengan SKPD teknis yang punya programn kalau sudah bisa tender, berarti sudah bisa dijalankan. Ini sesuai instruksi bupati sehingga target kegiatan berjalan sesuai yang waktu yang ditentukan yaitu pada Juni nanti,” terangnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini