Laporan Hasil Belajar Tambang di Pemprov Sultra Siap Diserahkan

publisher: BrindoNews.com author photo

Samsuddin A. Kadir mengekuti rapat bersama sejumlah OPD terkait dan OPD yang membidangi pengelolaan BUMD di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara.

Laporan kunjungan kerja oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara rampung disiapkan. Laporan ini selanjutnya diserahkan ke Gubernur Abdul Gani Kasuba sebagai bahan pertanggungjawaban hasil kunker ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara atau Sultra.
 

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir mengatakan, selesainya laporan hasil kunker itu setelah rapat bersama sejumlah OPD terkait maupun yang membidangi pengelolaan BUMD dan pertambangan. Rapat dilakukan selama tiga hari dan berpusat di Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara.

“Rapat pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Sultra dapat mengurai berbagai persoalan untuk menemukan solusi, salah satunya pengelolaan BUMD. Alhamdulillah, laporan kunker sudah kami siapkan, tinggal melaporkan saja kepada pak gubernur,” kata Samsuddin, dalam keterangan tertulis yang diterima brindonews, Rabu sore, 13 April.

Laporan tersebut menurut Samsuddin memuat lima poin dan dapat diimplementasikan di Maluku Utara. Pertama, memperkuat legalitas dengan mengumpulkan laporan keuangan perusda, termasuk hasil audit internal Inspektorat, BPK, maupun audit independent dan Cat-Off. 

Kedua, melakukan rekturisasi melalui peraturan direksi terkait struktur baru perusda dan menyusun SOP. Ketiga, membuat rencana bisnis di masing-masing bidang dan fokus utama rencana bisnis bidang keuangan.

Kemudian menjalin hubungan dengan mitra usaha baik melalui pengusaha lokal, pengusaha dari luar Maluku Utara, BUMN tambang dan perusahaan tambang lainnya sebagai poin keempat. Sedangkan poin kelima yaitu pengembangan anak perusahaan melalui anak perusahan Persiroda Tambang.

“Selain dari kelima langkah tersebut, kita rencananya merevisi perda perusda sesuai PP 54 tahun 2017,” ucapnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini