Kades di Halmahera Timur Palang Kantor DPMD

Redaksi author photo

Kantor DPMD Halmahera Timur.

HALTIM, BRN
- Kantor DPMP Kabupaten Halmahera Timur dipalang. Pemalangan pintu utama kantor yang membawahi pemerintah desa itu buntut dari lambatnya pembayaran gaji. 

Aksi palang ini dilakukan oleh Kepala Desa Soagimalaha, Kecamatan Kota Maba, Ahad Lolopang.

Ahad Lolopang mengatakan, pemalangan dilakukan karena ula dari dinas yang tak kunjung membayar gaji mereka. Sejumlah 102 kepala desa dan perangkatnya belum menerima upah hingga memasuki H-4 Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah.

Gaji yang belum terbayarkan, lanjut Ahad, terhitung empat bulan sudah, Januari-April 2022. DPMD juga diduga mempersulit proses pencairan gaji.

“Pemerintah desa di 102 desa yang ada di Halmahera Timur semuanya belum terima gaji dan terhitung sudah empat bulan. Apa lagi ini sudah mejelang lebaran, maka kebutuhan kami juga banyak. DPMD seharusnya mencairkan Gaji sebelum lebaran, bukan sebaliknya,” katabya, kamis, 28 April 2022.

Ahad menjelaskan, pencairan gaji pemerintah desa syaratnya hanya memasukan laporan pertanggungjawaban dan data DIP sebagai syarat tambahan.

“Tapi DPMD tara (tidak) kase tau (memberitahukan) di jauh-jauh hari. Kami hanya masukkan laporan saja pihak DPMD. Tadi pagi saya ke DPMD dengan maksud bertemu dengan kepala bidang, sekertaris, dan kepala dinas PMD. Saat tiba di kantor, mereka tidak ada di kantor, yang ada hanya empat orang pegawai. Saya langsung balik ke rumah ambil perlengkapan (kayu, palu dan paku). Namun sebelum palang, saya sudah beritahukan lebih dulu ke Kapolsek Maba Selatan,” ucapnya.

Ahad mengemukakan, pihak DPMD harusnya bertangunjawab ihwal data DIP. Kewajiban yang di DPMD ini justru dialihkan ke masing-masing desa untuk melengkapi kemudian dijadikan sebagai syarat pancairan gaji pemerintah desa.

“Sehari-dua ini mau lebaran, kami butuh gaji. Selesai lebaran kami akan surati DPRD untuk rapat bicarakan alasan mengapa gaji kami terlambat dibayar oleh PMD,” sebutnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini