Empat Bulan Gaji Guru Honorer Tingkat SD/SMP di Haltim Belum Dibayar

publisher: BrindoNews.com author photo

Ilustrasi.

HALTIM, BRN
- Guru honorer tingkat SD dan SMP di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) mengeluhkan gaji mereka yang belum dibayar. Padahal mereka sudah menandatangani kontrak kerja bersama dinas pendidikan setempat. 

Gaji yang diterima para tenaga guru honorer itu terhitung empat bulan, sejak Januari hingga April 2022.

Salah guru honorer yang meminta namanya tak mau disebutkan mengatakan, ia bersama rekan honorer lainya belum menerima gaji mereka dan tehitung sudang empat bulan berjalan.

Sumber ini menambahkan, tugas dan tanggungjawab melakukan belajar mengajar di sekolah sudah dijalankan.

“Sebelumnya dijanjikan pembayaran gaji honorer dilakukan setiap bulan, tetapi sudah empat bulan berjalan terhitung Januari sampai April ini belum juga dibayar,” katanya kepada Media Brindo Grup (MBG), Kamis, 14 April 2022.

Kepala Dinas Pendidikan Halmahera Timur, Beni Sutarman mengaku kalau sudah empat bulan gaji guru honorer belum terbayarkan.

Keterlambatan pembayaran dikarenakan terlambatnya penandatanganan perjanjian kontrak antara tenaga honorer bersama pemerintah daerah.

“Keterlambatan penandatanganan perjanjian kontrak tenaga guru sehingga gaji mereka terlambat dibayar. Muda-mudahan secepatnya terbayarkan,” jelasnya.

Beni menyatakan, pihaknya sudah memvalidasi data administrasi para guru honorer dan tak lagi bermasalah. Termasuk Momarindum of Understanding dan administrasi lainya pun sudah selesai kerjakan.

“Sudah kami lakukan MOU dengan para tenga honorer, kami juga minta untuk melengkapi berkas baik rekening, ijazah maupun kartu vaksin, dan tahapan itu sudah selesai. Pengajuan permohonan pembayaran gaji tenga honorer sudah ada di keuangan, tinggal menunggu disalurkan ke rekening masing-masing. Dipastikan tidak akan lama lagi, karena seluruh administrasi sudah lengkap. Saya sudah perintahkan kepala seksi untuk cek, dan mungkin satu atau dua hari kedepan sudah bisa terbayarkan,” terangnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini