Dikbud Malut Gelar Sosialisasi Perencanaan Berbasis Data

publisher: BrindoNews.com author photo

Sekretaris Dikbud Maluku Utara, Amirudin saat membacakan sambutan tertulis Kepala Dikbud Maluku Utara, Imam Makhdy Hassan dalam sosialisasi perencanaan berbasisi data di Sahid Bela Hotel Ternate.

TERNATE, BRN
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara menggelar Sosialisasi Perencanaan Berbasis Data Tahun 2022. Kegiatan tatap muka berpusat di Sahid Bela Hotel Ternate itu dilaksanakan selama tiga hari. 

Sasaran peserta sosialisasi terdiri dari  10 kepala cabang dinas kabupaten kota, pengawas, MKKS SMK tingkat provinsi dan bidang teknis SMK.

Kepala Dikbud Maluku Utara, Imam Makhdy Hassan melalui Sekretaris Dikbud Maluku Utara, Amirdin mengatakan, revitalisasi SMK salah satu langkah konkret pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang unggul, terutama kesiapan dalam menghadapi industry 4.0.

Melalui kegiatan ini para peserta diharapkan dapat mendapat menjadi referensi perencanaan berbasis data dengan mengacu pada profil dan rapor pendidikan.

“Saya sampaikan kepada seluruh peserta agar serius dan memahami kegiatan ini dengan baik. Sehinga kelak menjadi narahubung atau sumber informasi yang baik bagi setiap Satuan Pendidikan Minimum (SPM) Mutu Pendidikan. Sekolah dapat menginput data yang objektif dan real sesuai keadaan satuan pendidikan, sehingga kita dapat mengukur tingkat capaian satuan pendidikan berdasarkan standar pelayanan baik pada aplikasi Penjaminan Mutu Sekolah atau yang nanti berubah menjadi lapoaran pendidikan,” kata Amirudin ketika membacakan sambutan Kepala Dikbud Maluku Utara Imam Makhdy Hassan, Selsa kemarin, 12 April.

Ketua panitia sosialisasi, Achmat Ainun Rofik menambahkan, peserta dalam kegiatan ini berjumlah 30 orang. Masing-masing 10 orang kepala cabang dinas kabupaten kota, enam pengawas, empat orang dari MKKS SMK provinsi, dan 10 orang dari bidang teknis SMK.

Adapun tujuan kegiatan yaitu menyamakan persepsi dan pemahaman perihal perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, dan tindaklanjut kegiatan penjaminan mutu pendidikan dengan perencanaan berbasis data di satuan pendidikan menengah kejuruan. Juga memahami profil dan rapor pendidikan serta pemanfaatannya dalam perencanaan berbasis bata.

“Sosialisasi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Perencanaan Berbasis Data baik di satuan pendidikan maupun pemerintah daerah,” ujarnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini