Dikbud Maluku Utara Kembali Gelar Pesantren Ramadhan dan Penguatan Pendidikan Keagamaan

Redaksi author photo

Sekretaris Dikbud Maluku Utara, Amirudin saat membacakan sambutan Kadikbud Maluku Utara, Imam Makhdy Hassan dalam acara pembukaan Pesantren Ramadhan dan Penguatan Pendidikan Karakter di Masjid Al Munawwar Ternate. Peserta yang mayoritas siswa-siswa SMA, SMK, dan SLB di Kota Ternate yang mengikuti acara pembukaan terlihat serius. (dok. Dikbud Maluku Utara) 

TERNATE, BRN
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara kembali menggelar Pesantren Ramadhan 1443 H dan Penguatan Pendidikan Keagamaan. Kegiatan serupa sebelumnya dilaksanakan pada Ramadhan 1442 H, tahun 2021. 

Terlaksanaanya kegiataan dengan tajuk Ligh up Your Ramadan; Jadikan Ramadan Momentum Prestasimu ini diharapkan menjadi sarana atau media untuk pembinaan, pelatihan, dan pembentukan kepribadian peserta didik yang lebih unggul, inovatif, kreatif, dan transformatif.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara, Amirudin saat menyampaikan sambutan berharap Pesantren Ramadhan 1443 H dan Penguatan Pendidikan Keagamaan tahun ini dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik.

Selain itu, diharapkan menjadi momentum bagi satuan pendidikan di Maluku Utara untuk dapat melakukan pembinaan penguatan pendidikan karakter secara berkelanjutan sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang berkarakter, cerdas secara Intelektual, unggul dalam emosional dan kuat secara spiritual. Berharap siswa-siswi tingkat SMA, SMK dan SLB se-Provinsi Maluku Utara mendapat manfaat dari kegiatan ini. 

“Ramadan menjadi sarana untuk mendidik, melatih, membimbing dan penanaman nilai-nilai karakter. Kegiatan ini diawali dengan tausyiah oleh Ustad Abu Rahmat Ibrahim,” kata Amirudin, ketika disembangi usai memberikan sambutan di acara pembukaan Pesantren Ramadhan 1443 H dan Penguatan Pendidikan Keagamaan di Masjid Raya Al Munawwar Ternate, Sabtu siang, 9 April.

Para siswa SMA, SMK, dan SLB saat menghadiri acara pembukaan Pesantren Ramadhan dan Penguatan Pendidikan Keagamaan di Masjid Al Munawwar Ternate. (dok. Dikbud Maluku Utara)

Amirudin mengatakan Pesantren Ramadan secara serentak di 10 kabupaten kota di Maluku Utara tersebut berlangsung selama tiga hari dengan melibatkan 119 orang pendamping dari EduSmart. Jenjang SMA dimulai dari 9-11 April, SMK dimuali 13-14 April, sedangkan SMA dan SLB dimulai 20-21 April 2022.

Terselenggaranya kegiataan  dengan dukungan Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pengawas dan kepala SMA, SMK dan SLB se-Provinsi Maluku Utara bertujuan dapat meningkatkan sarana untuk revolusi mental dan karakter.

“Acara pembukaannya suda selesai tadi melalui zoom meeting, selanjutnya dilanjutkan dengan pelaksanaan di sekolah masing-masing sesuai jenjang. Ini merupakan sarana untuk membina, melatih, atau membentuk kepribadian peserta didik agar menjadi pribadi unggul. Kami tentu mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada para kepala sekolah dan semua pihak yang telah terlibat dalam mengsukseskan kegiatan ini, semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan kesehatan dan memasukkan kita semua kedalam golongan orang-orang yang bertaqwa,” ucapnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini