BMKG Bangun Tiga Selter Gempa Bumi di Halmahera Timur

publisher: BrindoNews.com author photo

Kepala BMKG Stasiun Meteorlogi Kelas I Sultan Babullah Ternate, Djoko Sumardiono.

HALTIM, BRN
- BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate, mulai mengerjakan pembangun Tiga Selter di Halmahera Timur. Selter ini kemudian dipasang alat sensor seismografi untuk mengukur getaran yang terjadi pada permukaan bumi. 

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate, Djoko Sumardiono menyebutkan, Tiga Selter yang sedang dalam pengerjaan itu berlokasi di Desa Gotowasi, Kecamatan Maba Selatan, Desa Binagara, dan satunya lagi di Kecamatan Wasile Selatan.

“Pembangunan tiga selter di tiga kecamatan ini untuk memberikan informasi kebencanaan kepada masyarakat yang lebih dekat. Dan memonitoring alat tersebut sehingga tak disalah gunakan,” kata Djoko, ketika ditemui usai meninjau langsung progres pekerjaan tiga selter di Halmahera Timur, Selasa, 12 April.

Djoko mengatakan, pembangunan Selter yang dilengkapi alat sensor gempa tersebut merupakan langkah mitigasi gempa dan upaya kewaspadaan terjadinya gempa bumi di Halmahera Timur.

“Yang aktif itu baru satu sensor di Wasile Selatan, sisanya masih tahapan pembangunan dan ditargetkan tahun ini sudah mulai pasang sensornya. Kami sangat berharap supaya masyarakat setempat bisa melindungi, menjaga  dan mengamankan Selter dan sensor gempa sehingga tak diambil orang ataupun disalahgunakan. Kami juga sudah sampaikan kepada pak bupati agar peralatan itu (sensor gempa) tidak disalahgunakan oleh masyarakat. Apalagi sampai mencuri atau sengaja menghilangkan. Ini kalau sengaja dikasih rusak, maka akan berdampak pada informasi gempa yang akan tidak diterima oleh masyarakat sekitarnya. Harapan saya, pembangunan Selter ini masyarakat lebih cepat mendapatkan informasi gempa,” sebutnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini