Tamrin : Kebun Pertanian di Kelurahan Loto Bakal Dijadikan Tempat Agrowisata

Redaksi author photo
Kadis Pertanian Kota Ternate saat meninjau kebun pertanian di Kelurahan Loto

TERNATE,BRN – Dinas Pertanian Kota Ternate berencana mengembangkan kebun pertanian di Kelurahan Loto menjadi tempat Agrowisata baru. Ini di kerjakan oleh Dinas Pertanian dan Pariwisata Kota Ternate.

Kadis Pertanian Kota Ternate, Tamrin Marsaoly mengatakan, kawasan yang di garap oleh gabungan kelompok tani seluas 4 hektar itu sudah diisi dengan tanaman bulanan dan akan terintegrasi dengan program pariwisata.

“Dinas pertanian lebih fokus ke pengembangan budidaya tanaman hortikultira, sedang konsep pariwisata akan menjadi domainnya Pariwisata. Ucap Tamrin kepada wartawan, Sabtu 19 Maret 2022.

Tamrin menyatakan, tahun ini Distan Kota Ternate akan membangun jalan tani dan irigasi sumur air dangkal di kawasan tersebut, untuk mewujudkan program pengembangan ekonomi kreatif.

“kegiatan yang bersumber dari anggaran DAK itu lebih terfokus ke di lahan milik Kelompok Tani, Kalau untuk pembuatan jalan tani itu anggarannya sebesar Rp180 juta. Sedangkan pembuatan sumur air dangkal sekitar Rp140 juta. Nantinya ini akan dikerjakan oleh para kelompok tani. Tugas kami hanya memantau sejauh mana perkembangan progresnya,”ucapnya.

Tamrin bilang, dengan hadirnya sumur air dangkal nanti dapat membantu sebanyak lima kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan yang selama ini mengandalkan air dari PDAM. Ini untuk menghemat pembiayayan para petani, agar petani juga menikmati manfaatnya.

Selain itu. Tamrin memastikan, jelang ramadhan nanti ketersediaan komoditas cabai di pasar yang ada di Kota Ternate terpenuhi karena dari sejumlah lokasi milik petani, persediaan cabainya yang masuk musim panen mencapai 2.000 pohon.

“Jadi taksiran kita 40 sampai 50 ton dan itu pasti tercukupi jelang ramadhan. Bahkan selain cabai, petani juga akan memanen sayur-mayur,”ujarnya.

Tamrin berharap program terintegrasi untuk pengembangan ekonomi kreatif ini bisa memberi dampak besar bagi kesejahteraan masyarakat Kota Ternate lebih khususnya petani.(ham/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini