Pemkot Ternate Evaluasi Program OPD

publisher: BrindoNews.com author photo

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman saat membuka rapat evaluasi hasil monitoring program OPD.

TERNATE, BRN
- Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate menggelar rapat evalusi hasil monitoring program kegiatan OPD di tahun 2021. Rapat dimpimpin langsung oleh Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman. 

Kepala Bappelitgbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan rapat evaluasi atas hasil monitoring program merupakan agenda tahunan. Rapat itu melibatkan seluruh pimpinan OPD, kasubag perencanaan maupun camat.

Monitoring dan evaluasi adalah salah satu aspek dalam siklus manajemen pembangunan. Dalam tahap ini, nantinya diketahui program-program apa saja yang belum terimplementasi dengan baik, tepat dan berkesinambungan.

“Karena itu, perubahan dan perbaikan harus segera dilakukan melalui upaya monitoring dan evaluasi, pelaksanaan dan pencapaian rencana pembangunan,” kata Rizal usai rapat, Rabu 9 Maret 2022.

Menurutnya, evaluasi merupakan alat bantu pemerintah dalam menyusun, menetapkan dan mengelola program RPJMD dan RKP. Selain itu, bertujuan untuk menelusuri, mengukur, dan menganalisa hasil maupun capaian pelaksanaan rencana dengan berdasar pada sejumlah indikator pembangunan yang sudah ditetapkan.

Tujuan lainnya, sambung Rizal, untuk mensinergikan kegiatan yang telah dieksekusi OPD dengan target dan indikator di dalam RPJMD maupin renstra masing-masing OPD.

“Evaluasi perlu dilakukan atas kebijakan/prioritas pembangunan, fokus prioritas, program pembangunan atau kegiatan prioritas. Analisisnya mencakup berhasil atau tidaknya pelaksanaan pembangunan yang yang telah direncanakan tersebut, termasuk pencapaian terget dan sasarannya. Ini dilakukan dalam rangka untuk menjaga konsistensi RPJMD tahun pertama di 2021, sehingga saat penyampaian LKPJ nanti itu wali kota bisa mempertanggungjawabkan (RPJMD tahun pertama),” sebutnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini