Musrembang RKPD 2023 Halmahera Timur Konsentrasi Pengentasan Kemiskinan

Redaksi author photo
Bupati Ubaid Yakub saat memukul gong petanda dimulainya Musrembang RKPD 2023.

HALTIM, BRN - Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub resmi membuka musrembang rencana kerja pemerintah daerah tahun 2023. 

Musyawarah perencanaan pembangunan bertajuk “Peningkatan Potensi Ekonomi Untuk Pengembangan Kawasan Strategis Daerah” ini dipusatkan di aula kantor bupati setempat, Selasa 15 Maret kemarin.

Bupati Ubaid Yakub mengatakan, hasil musrenbang tingkat desa dan kecamatan mengsilkan kurang lebih 400 program. Kegiatan yang nantinya dijalankan pada 2023 mendatang ini diharapkan bermuara pada satu persepsi yang diselaraskan dalam pembahasan musrembang RKPD 2023.

“Harus disamakan persepsi dalam pembahasan dan perencanaan RKPD 2023. Juga disesuaikan dengan kemampuan fiskal yang dimiliki pemerintah daerah, sehingga apa yang dilakukan benar-benar prioritas dan menjadi kebutuhan masyarakat Halmahera Timur,” kata Bupati. 

 

Ubaid menyebutkan, selain infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan yang belum diselesaikan, tingkat kemiskinan di Halmahera Timur  yang mencapai 15 persen menjadi fokus konsentrasi.

“Masalah yang dihadapi hari ini adalah terkait angka kemiskinan. Ini berdasarkan data BPS Maluku Utara yang kurang lebih masih 15 persen tertinggi di Provinsi Maluku Utara. Untuk itu, program RKPD 2023 kedepan harus lebih mengerucut pada mengentaskan angka kemiskinan di Halmahera Timur,” jelasnya. 

Orang nomor satu di kabupaten dengan motto Limabot Fayfiye ini berharap, program yang dihasilkan melalui musrembang benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat. Terutama pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

“Rumusan program kegiatan 2023 harus kerucut ke bagaimana memulihkan ekonomi sebagaimana program pemerintah pusat terkait pemulihan ekonomi nasional dimasa pandemi Covid-19. Olehnya itu, saya berharap kepada seluruh SKPD untuk bersinergi dan berkolaborasi untuk bersepakat dengan seluruh delegasi kecamatan dalam menyusun perencanaan program 2023,” ucapnya.

“Tentunya, saya selaku bupati memberikan atensi dan apresiasi serta penghargaan kepada BP4D yang telah melaksanakan Musrembang RKPD tahun 2023 untuk pembangunan Kabupaten Halmahera Timur. Saya berharap ada kesamaan persepsi dan kesamaan berfikir dalam Musrembang RKPD 2023 untuk menghasilkan program -program pemerintah daerah,” tambahnya. (mal/red)

 

Share:
Komentar

Berita Terkini