Komisi I DPRD Minta Bupati Ubaid Evaluasi Kabag Hukum

publisher: BrindoNews.com author photo

Hasanudin Lajim.

HALTIM, BRN
- Komisi I DPRD Halmahera Timur meminta Bupati Ubaid Yakub agar mengevaluasi kinerja Kepala Bagian Hukum dan Organisasi Setda Halmahera Timur, Ardiansyah Madjid. 

Permintaan ini lantaran Ardiansyah dinilai membuat produk hukum yang dianggap tidak berbobot. Seperti peraturan bupati nomor 14 tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021.

Menurut Komisi I, acuan atau aturan yangmenjadi pedoman pemilihan kepala desa itu masih ditemukan kekurangan. Bahkan beberapa masalah yang tidak diatur didalamnya. Plus penegasan pasal soal syarat pencalonan bagi PNS dan pemungutan suara ulang atau PSU.

Sekertaris Komisi I DPRD Halmahera Timur, Hasanuddin Lajim mengatakan, dua pokok masalah ini nampak saat pemilihan kepala desa pada November 2021 kemarin. Kendati begitu, panitia pemilihan tingkat kabupaten justru menerima dan meloloskan bakal calon dari kalangan birokrat.

“Meminta supaya bupati mengevaluasi kembali ihwal dimaksud. Membuat produk hukum yang tidak efektif dan terdapat indikasi melanggar perbub. Kalau kami lihat dari pengalaman sengketa sebelumnya, pemerintah daerah kalah terus di PTUN. Jika tergugat itu pemerintah daerah, maka bupati sudah harus evaluasi kepada Kabag Hukum,” katanya, Selasa 22 Maret.

Hasanuddin mengemukakan, sengketa pemilihan kepala desa yang tak kunjung berkesudahan biangnya adalah panitia. Terutama lalai menjalankan tugas. Peraturan bupati yang tidak memiliki dasar kuat membuat ruang sengketa terbuka lebar.

“Yang dikhawatirkan kalau pemerintah daerah kembali kalah telak di PTUN Ambon. Desa Patlean dan Dorosagu yang mengajukan gugatan ke PTUN bisa memenangkan proses sidang nantinya. Informasi dua desa ini sudah ajukan gugatan, takutnya pemerintah kembali kalah. Kami juga pertanyakan alasan Bupati Ubaid Yakub keluarkan surat keputusan tentang penetapan penyelesaian sengketa pemilihan Kepala Desa Ino Jaya. Apa dasar hukumnya,” ujarnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini