KKP Bakal Atur Zona Perairan Laut Maluku Utara untuk LIN

publisher: BrindoNews.com author photo

Para nelayan membongkar hasil tangkapan jenis Ikan Cakalang di Pelabuhan Perikanan Nusantara Bastiong, Kota Ternate. Aktifitas seperti ini lumrah dijumpai setiap kali mereka pulang melaut. (Foto: AMAN Maluku Utara).

TIDORE, BRN
- Program Lumbung Ikan Nasional atau LIN di Maluku Utara mendapat dukungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Selain menjadikan proyek dalam program nasional, KKP juga bakal mengatur zona perairan laut Maluku Utara. 

Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono mengatakan program, LIN di Maluku Utara telah dimasukkan kedalam program strategis KKP. Selanjutnya dilakukan penetapan zona program LIN di perairan Maluku Utara.

 

“Ada enam zona. Namun dengan zonasi tersebut nantinya ada 4 zona yang akan menjadi industri strategis yang terus kita pantau,” kata Sakti usai membuka gelaran Festival Kampung Nelayan Tomalou di Tidore, Senin kemarin.

 

Sekretaris Dinas Kelautan Perikanan Maluku Utara, Ridwan Arsan mengatakan ada Tiga provinsi di Indonesia yang mendapat kucuran dana LIN. Yaitu Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara.

 

Ketiga provinsi, lanjut Ridwan, mendapat anggaran dari KKP sebesar Rp3,2 Triliun. Ini sebagai bentuk dukungan program LIN.

 

“Provinsi Maluku Utara kebagian Rp.1 Triliun, sisanya dibagi Maluku dan Papua Barat,” ujarnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini