Ketua Pengadilan Tinggi Malut Resmikan Kantor PPN Tobelo di Morotai

Redaksi author photo
        Ketua PN Malut Resmikan Kantor PPN Tobelo di Morotai 

MOROTAI, BRN – Didampingi Bupati Pulau Morotai Benny Laos, Ketua Pengadilan Tinggi Malut H Suharjono lounching dan peresmian kantor pelayanan pengadilan negeri Tobelo, di Morotai, Selasa (22/3/2022).   

Ketua Pengadilan Tinggi Malut Dr. H Suharjono dalam sambutannya menyampaikan,dapat digunakan semaksimal mungkin dalam pelayanan terhadap masyarakat, serta menempatkan tenaga kerja daerah yang sudah trampil.

“ Ketua Pengadilan Tinggi Tobelo dapat menugaskan tenaga yang bisa melayani untuk wilayah Kabupaten Pulau Morotai”  

Menurutny, pelayan pengadilan sekarang berbasis teknologi informasi, sehingga penggunaan ITE sangat penting. Namun, tidak seluruh mengetahui hal tersebut, dan itu perlu dilakukan sosialisasi untuk dapat diketahui.

Pengadilan Negeri ini untuk masyarakat, jadi bukan menyangkut sektor keagamaan, jika alokasi diambil alih oleh kewenangan pengadilan agama maka tidak menjadi kewenangan peradilan umum kecuali masalah perkara pidana," ucap Ketua Pengadilan tinggi Malut H. Suharjono

Lanjut dia, akan dikeluarkan jadwal untuk PN Tobelo yang akan stand baik di Morotai 1 bulan sekali dan proses seluruhnya memakai pendekatan ITE atau pendekatan aplikasi. Seluruh masyarakat yang mencari jasa keadilan di wilayah hukum Morota. Jadi, tidak perlu ke Tobelo cukup dilayani seluruhnya proses yang diminta jasanya di pengadilan yang terwakilkan di Morotai.

Dirinya berharap kepada pemerintah daerah agar berkenan membantu memfasilitasi sarana dan prasarana diantaranya, internet, mesin scan, dan lainnya. Paling tidak di pengadilan ada dua petugas di sektor kepaniteraan dan sektor kesekretariatan, dua hal ini bisa terlayani semuanya," tutup H. Suharjono

Sementara itu Bupati Morotai Benny Laos menyampaikan, ruang pengadilan hari ini, saya sebagai bupati membuka dengan resmi Pelayanan Pengadilan Negeri (PPN) Tobelo di Morotai. Di kesempatan ini saya bersama Pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pengadilan Tinggi Malut Dr. H Suharjono SH., M.Hum atas kerja samanya sehingga kantor pengadilan tinggi Morotai bisa terlaksana.

Semua administrasi sudah bisa dilayani di morotai, nanti saya cari tempat tinggal 2 kamar khusus untuk 4 orang dan dengan dibukanya kantor pengadilan tinggi ini bukan sebuah serimoni tetapi memang betul-betul aktifitas pelayanan administrasi yang berhubungan dengan proses-proses peradilan dalam pengadilan negeri atau umum bisa terlaksana dengan baik sampai pada pembangunan kantor di wilayah kompleks Pemerintahan," Katanya

Menurut bupati, segera tuntaskan lahan vertikal dari tahun 2017 dan 2018 saya sampaikan itu secepatnya di selesaikan. Karena, ini sangat penting." Reformasi terus bergulir sehingga kita hidup ini betul-betul bertanggung jawab pada Tuhan," tandasnya

"Harapannya pelaksanaan pelayanan kantor pemerintahan yang terkait dengan kewenangan-kewenangan yang tidak dimiliki oleh pemerintah daerah baik Peradilan, Pengadilan Agama, Kambtibmas mudah-mudahan tahun ini sudah tuntas dan di tahun ini juga, akan di resmikan kantor Kodim Morotai," harap bupati Morotai Benny Laos. (abu/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini